Berantas Korupsi, Menteri Perkuat Audit Instansinya

Berantas Korupsi, Menteri Perkuat Audit Instansinya

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menekanan salah satu kunci keberhasilan desentralisasi daerah adalah kontrol internal kuat dari pemerintah pusat. Susi menilai dengan peran auditor internal dari pemerintah, budaya korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) di lembaga pemerintah bisa diatasi.
Indonesia banyak yang akhirnya menjadi link KKN adalah karena kurang kencangnya dan ketatnya auditor melakukan monitoring, ujar Susi dihadapan peserta seminar Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) di Gedung Mina Bahari 3, Jakarta, Senin (8/12).
Auditor internal itu harus menjadi yang paling profesional karena merupakan kunci Berantas Korupsi, Menteri Susi Perkuat Audit Instansinya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari) utama profesionalitas sebuah organisasi. Mau itu sebuah negara, perusahaan dan kementerian itu adalah sebuah lingkaran yang harus di-monitoring, ujarnya.
Susi menilai apabila profesionalisme dan pengawasan dari auditor internal diperkuat maka akan mampu menciptakan budaya good governance di sebuah pemerintahan. Bisnis Maskapai Susi pun mencontohkan pentingnya peran auditor internal saat dirinya merintis usaha penerbangannya yaitu PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air. Dengan peran auditor internal, Susi mampu mengontrol perusahaan tersebut hingga menjadi perusahaan maskapai penerbangan perintis sukses di Indonesia.
Saya bangun Susi Air dengan sistem matriks. Anggaran paling besar untuk pengembangan keselamatan, audit internal dan quality control. Dengan adanya audit internal, kualitas kontrol suatu perusahaan itu bisa terjaga. Sebuah organisasi bisa besar karena internal audit kuat, ujar Susi. (gen)

Comments are closed.