Komunitas Wujud dari Dinamika Kreativitas

Komunitas Wujud dari Dinamika Kreativitas

UTAMA TV

Komunitas Wujud dari Dinamika
Kreativitas

Latar Belakang

Ketika kreatifitas menjadi andalan dalam persaingan diberbagai bidang kehidupan didunia modern saat ini, dibutuhkan wahana yang dapat mendorong terjadinya proses pengembangan kreatitifas dimaksud. Demikian pula halnya yang terjadi di lingkungan kampus Universitas Widyatama, dimana gairah membangun dan mewujudkan suasana yang dinamis dalam berkreasi telah menjadi kebutuhan mendesak untuk disalurkan. Sekelompok personil civitas akademika yang datang dari berbagai latar belakang berbeda seperti dosen dan alumni dari fakultas Desain Komunitasi Visual (DKV), dosen Fakultas Bisnis Manajemen (FBM), dosen fakultas Ekonomi, Pegawai staf administrasi Universitas, dosen dan mahasiswa fakultas Teknik, dosen dan mahasiswa fakultas Bahasa, berkumpul dalam suatu diskusi kecil, yang akhirnya berkesimpulan bahwa potensi personil di lingkungan Widyatama yang berkaitan dengan kreativitas karya audio visual cukup besar dan perlu disediakan wadah untuk menyalurkan hasil-hasil karyanya.

Penyebaran informasi yang semakin intens kepada audiensnya menjadi bagian dari persyaratan mutlak dan sangat penting untuk keberhasilan mencapai sasaran strategis dunia pendidikan, dimana salah satu alat utama penyampaian informasi yang dipandang efektif antara lain adalah televisi, memgingat kemampuannya menyampaikan pesan dalam dua dimensi sekaligus yaitu dimensi suara dan gambar bergerak/hidup. Semakin meningkatnya kebutuhan informasi dan jaringan komunikasi di kalangan civitas akademika untuk menjembatani hubungan kemasyarakatan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat, menjadi alasan kuat dan mendesak lahirnya gagasan mengadakan wadah pengembangan kreatifitas mahasiswa di bidang Industri Komunikasi dan Industri Kreatif, yang dapat menjadi alat dukung bagi penelitian dan pengembangan program-program Community Development.

Dimana program Learning By Doing akan menjadi bagian alternative pembelajaran nyata bagi mahasiswa dan dosen jika fasilitas televisi kampus ini dapat diwujudkan. Media tvkampus akan menjadi perangkat untuk membantu menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat maupun sebagai bagian dari suatu teknologi proses kegiatan belajar mengajar di lingkungan kampus, dan lebih luas lagi menjadi alat untuk membangun komunitas lingkungan kampus yang kondusif, membangun pencitraan sebagai kampus yang penuh karya inovatif dan secara intens membangun image di kalangan masyarakat. Suatu cita-cita sederhana yang sedang diupayakan untuk diwujudkan antara lain membangun atmosfir baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan jasa televisi.

Misalnya mahasiswa dapat mengikuti kuliah di lokasi yang berbeda, bukan hanya di dalam kelas namun bisa di taman-taman kampus yang telah disediakan pesawat monitor televisi, atau di kamar kostnya yang jaraknya terjangkau siaran tv kampus. Bahkan jalannya kuliah dapat diikuti ulangannya melalui program siaran tunda.

Mengapa di dirikan TVKAMPUS?

Berdasarkan dari hasil diskusi sebagaimana dijelaskan sebelumnya dapat diungkap maksud dan tujuan dibuatnya televisi kampus antara lain karena ingin meraih kesempatan (spirit of the moment) sebagai Universitas pionir yang mengembangkan televisi kampus di wilayah Kota Bandung khususnya dan Jawa Barat pada umumnya. Dibutuhkan media untuk menyampaikan pesan secara terus menerus tentang keberadaan Universitas Widyatama, dan sebagai instrumen public relation Widyatama, dan media sosialisasi kebijakan dan agenda akademik/non-akademik sivitas akademika Widyatama.

Disamping itu dapat menjadi workshop dan atau laboratorium praktek mahasiswa dalam berbagai bidang komunikasi a.l; khususnya manajemen pengelolaan televisi, sehingga diharapkan pengelola (mahasiswa) yang dibimbing secara intens oleh dosen pembimbingnya dan dibantu dengan komunitas masyarakat sekitar yang mempunyai kepeminatan dibidang penyiaran untuk meningkatkan kemampuan softskillnya. Alasan lainnya menjadikan salah satu perangkat untuk mengembangkan E- Learning, dimana mahasiswa dan dosen bisa melaksanakan proses belajar mengajar tanpa tatap muka langsung, sehingga tersedia alternatif methoda proses belajar mengajar melalui telemedia.

Sebagai wadah penyaluran kreativitas bagi civitas akademika khususnya di bidang-bidang ; teknik Multimedia, teknologi penyiaran, teknologi proses produksi siaran, tehnik-tehnik pemasaran melalui media elektronik, production house multimedia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, publikasi dan promosi, dan sebagainya. Sehingga diharapkan akan terwujud komunitas bisnis dalam bidang komunikasi. Sebagai sarana pengembangan komunitas lingkungan kampus (Community Development), sehingga tercipta suasana kondusif bagi kehidupan kampus di tengah pemukiman penduduk. Apa Nama dan Visi, Misinya. Kesepakatan yang telah diambil dalam suatu musyawarah untuk menentukan nama atau call sign yaitu Utamatv dengan alamat siarannya di- Jalan Cikutra 204 A Bandung.

Alasan menggunakan nama tersebut, sebagai pembentukan brand name Universitas Widyatama. Komunitas sementara ini telah merumuskan Visi dan Misi-nya antara lain, VISI ; Menjadi televisi komunitas yang terdepan di Jawa Barat dalam mewadahi aspirasi komunitas kampus sedangkan, Misi-nya : Mewujudkan TV Kampus sebagai center of excellence ; Menyelenggarakan penyiaran untuk layanan informasi; pendidikan dan hiburan pada civitas akademika UTama, dan masyarakat luas dalam rangka pencerahan; Memberikan wahana pengembangan kreatifitas mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar di kampus, khususnya di bidang multimedia; Menyelenggarakan pelatihan/kursus yang terkait dengan broadcasting untuk peningkatan ketrampilan personil (softskill) dalam bidang/industri komunikasi dan berbagai usaha terkait lainnya.

Apa dasar hukum-nya…

Landasan Hukum Operasional Televisi Komunitas Utamatv antara lain : Undang ? undang Dasar 1945 pasal 33, Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran; Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Komunitas; Keputusan Menteri perhubungan Nomor : KM 15 tahun 2003 tentang Rencana induk (Master Plan) Frekuensi Radio penyelengraan Telekomunikasi, Pedoman prilaku penyiaran dan standar program siaran (P3/SPS) surat Keputusan KPI No.009/SK/KPI/8/2004; Badan Hukum Perkumpulan Penyiaran Televisi Komunitas Universitas Widyatama Akta notaris No. 02 tanggal 14 April 2009,; Risalah kesepakatan dalam pembentukan Badan Pelaksana Penyiaran Televisi Komunitas Universitas Widyatama yang dihadiri perwakilan dari seluruh?elemen warga Paguyuban Widyatama Universitas Widyatama Bandung; Surat keterangan Serba Guna pendirian Perkumpulan Kelurahan Sukapada Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung No. 214/SG/Skpd/04/2009 tentang Pendirian Perkumpulan Penyiaran Televisi Komunitas Universitas Widyatama; Surat Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa barat nomor : 286/K/KPIDJABAR/12/09 Perihal Pemberitahuan Kelayakan, yang intinya bahwa Televisi Komunitas Utamatv berdasarkan verifikasi Administrasi dan Vaktual telah dinyatakan LAYAK untuk diproses di KPI Pusat Jakarta.

Comments are closed.