Kopi Dapat Menyehatkan Mata

Kopi Dapat Menyehatkan Mata

Konsumsi kopi dikaitkan dengan banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi risiko diabetes tipe 2. Penelitian baru menemukan bahwa minuman ini juga berpotensi melindungi penglihatan. Studi tersebut dilakukan oleh Cornell University di Ithaca, New York, Amerika Serikat. Kita semua tahu bahwa kafein di dalam kopi memiliki stimulan yang mendukung kesehatan tubuh. Lebih jauh, biji kopi mentah ternyata mengandung 7-9 persen asam klorogenat (CGA), antioksidan yang memiliki banyak manfaat, termasuk penurunan berat badan dan tekanan darah.
Penemuan baru menyatakan, ekstrak kopi dan CGA tersebut memiliki manfaat yang lebih kaya, yakni melindungi mata dari degenerasi retina. Bagian tersebut berfungsi untuk menerima dan mengorganisir informasi visual yang rentan terhadap hipoksia.”Retina adalah salah satu jaringan tubuh yang paling aktif secara metabolik. Retina mengonsumsi oksigen lebih cepat dari jaringan lain, bahkan otak sekalipun,” jelas para peneliti dilansir Medical News Today. Untuk studi mereka, tim menguji sel ganglion retina pada tikus. Sebelumnya, kerusakan sel dapat berkurang dengan pengobatan oksida nitrat saja. Tapi studi membuktikan bahwa CGA dan ekstrak kopi juga dapat mencegah menurunnya protein pada permukaan sel. Inilah sebabnya mengapa kopi turut memberikan manfaat kesehatan pada mata.
Sementara itu selain menyehatkan mata dan mengurangi risiko dia- betes, studi lain juga menyebutkan bahwa minum setidaknya dua cangkir kopi sehari, dapat mengurangi risiko sirosis hati sebesar 66 persen, serta membantu melawan kanker prostat.

Comments are closed.