The Lord of the Rings: The Fellowship of The Ring

B. Alur
dan Latar Kisah petualangan ini menyuguhkan alur cerita yang mengandung unsur ekposisi, komplikasi, konlik, klimaks dan resolusi dengan latar kota Shire di lembah sebelah atas Anduin, rumah Bilbo, di balik tikungan jalan menuju Woody End, di gerbang Moria, serta Lorien. Kisah didukung 11 tokoh dengan watak masingmasing yang menghidupkan pergulatan alur cerita.
Frodo Baggins berwatak ramah dan polos. Bilbo memiliki watak pembohong tapi baik. Gandalf, penuh perhatian dan mementingkan orang lain. Smeagol/ Gollum berwatak ingin tahu, serakah, dibenci, dan pembohong. Strider/Aragorn seorang misterius, baik, suka menolong, mudah bergaul, dan adil.
Sam berwatak setia kawan, suka menolong, selalu berpikiran negatif. Legolas tokoh baik, suka membantu, tapi keras kepala. Pippin berwatak setia kawan, suka menolong, suka mencari perhatian. Merry tokoh setia kawan. Saruman berwatak pengkhianat. Gimli berwatak keras kepala dan keras.

C. Pesan
Sahabat akan selalu hadir di saat kita membutuhkan, bahkan tanpa kita minta sekalipun. Apapun halangan yang menghadang, jika kita tetap pada pendirian dan berkomitmen, kita akan selalu dapat menghadapinya. Akhirnya, pengorbanan yang bertujuan baik akan membuahkan hasil yang lebih baik. (Yanda R)

Comments are closed.