Home » Komunita

Komunita

Majalah Komunita adalah frasa kata kerja sebagai upaya menjalin kebersamaan dalam menguatkan masa depan pendidikan tinggi yang merupakan ujung tombak bagi kaderisasi generasi muda, corporate-corporate leader, dan entrepreneur masa depan. Makna kata KOMUNITA sebagai nama media merupakan upaya Universitas Widyatama membangun komunikasi, kesetaraan, dan kebersamaan sebagai anggota “komunitas” dalam membangun kecerdasan dan wawasan anak bangsa melalui pendidikan tinggi.

Majalah Komunita lahir, bertepatan dengan peristiwa yang mencakup tiga sisi kemanusiaan, yakni : sisi rohani (pembangunan individu), sisi sosial (pembangunan kelompok), dan sisi kebangsaan (nasionalisme). Pertama, menyongsong bulan ramadhan yang hakikatnya mengendalikan diri dan meninggalkan pekerti sia-sia (tak bernilai). Kedua, menyongsong Ulang Tahun 9thUniversitas Widyatama yang merupakan reinkarnasi empat Sekolah Tinggi (STIEB, STIBB, STDKV, dan STTW) di bawah naungan Yayasan Widyatama yang dirintis Prof. Dr. Hj. Koesbandijah Abdoel Kadir SE., MSi., Ak. Ketiga, menyongsong 65 tahun Kemerdekaan Indonesia yang telah menghantarkan bangsa Indonesia dalam wujudnya.

Dalam perjalanannya, Komunita bertransformasi menjadi majalah pendidikan tinggi yang berusaha menjadi rujukan pemikiran, inspirasi, aspirasi dan solusi mendidik terkait isu-isu pendidikan tinggi yang berkembang, sekaligus sebagai salah satu upaya membangun kualitas pendidikan tinggi. Ungkapan kata pemikiran, inspirasi, aspirasi dan solusi adalah komponen penting mengantisipasi dunia pendidikan tinggi yang semakin cepat berubah, khususnya di era disruptif sekarang ini dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Komunita sebagai sumber informasi pendidikan tinggi terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan tinggi dengan karakter Indonesia yang menembus dunia global.

Kini di hadapan pembaca, Komunita dalam versi media online untuk lebih cepat menyapa pembaca. Tetapi bukan berarti kecepatan, akan lepas dari konteks dan tidak enak disimak. Senantiasa rangkaian “huruf” pada logo Komunita adalah komitmen, yaitu salah satunya huruf “O” yang melambangkan titik air pengetahuan yang menetes menimbulkan riak gelombang pengetahuan yang melebar, meluas dan berresonansi (filosofi logo Universitas Widyatama). (lee)