Wirausaha dapat membentuk pribadi seseorang menjadi mandiri dan tangguh, pekerja keras, selalu berusaha mengembangkan kreativitas dan inovasinya , yang sesungguhnya merupakan penguatan terhadap peran perguruan tinggi sebagai smart Univercity, dalam rangka mewujudkan generasi muda yang unggul, berprestasi, nyaman dan sejahtera. Dalam kehidupan sosial ada asumsi yang menyatakan bahwa tidak ada masyarakat yang maju, sejahtera dan dihargai bangsa lain tanpa kemajuan ekonomi, dimana hal ini bisa dicapai jika ada semangat kewirausahaan yang kuat dari pribadi diri sendirinya. Namun persoalannya adalah profesi wirausaha belum menjadi pilihan utama masyarakat kita, karena lebih banyak bercita-cita menjadi pegawai daripada bermata pencaharian secara mandiri.
Meski berwirausaha memungkinkan pelakunya menjadi kreatif dengan pendapatan yang optimal, tetapi pada kenyataannya di masyarakat kita lebih banyak orang tertarik bekerja di perusahaan atau pemerintah. ltu pula sebabnya, membangun semangat kewirausahaan identik dengan mengubah mindset, sikap dan perilaku dari mental buruk menjadi mental pengusaha, dengan konsekuensi keharusan bekerja keras, sanggup mengambil keputusan dan siap menghadapi resiko. Membangun jiwa kewirausahaan juga bukannya tanpa kendala, karena para pemula pada umumnya terkendala permodalan, jaringan pemasaran dan perluasan pasar, infrastruktur, daya saing dan akses informasi. Belum lagi keterbatasan internal seperti mobilitas yang rendah, rasa percaya diri yang kurang, srtruktur lingkungan dan keluarga yang kurang mendukung, kemampuan manajerial yang rendah, dan etos kerja yang belum sepenuhnya berorientasi masa depan, sering menjadi sesuatu yang dianggap berat memulai usaha.
Di Universitas Widyatama setiap tahun sering diadakan event workshop maupun seminar, bazar, expo entrepreneur day, Edu Entertaintment dimana tujuannya adalah untuk membangun jiwa kewirausahaan, meningkatkan keterampilan dan menumbuhkan sense of business di antara mereka sehingga akan tercipta wirausaha-wirausaha muda potensial. Peluang menjadi wirausaha masih sangat terbuka lebar, karena cukup banyak potensi usaha yang dapat dikembangkan, termasuk di bidang industri kreatif yang tidak mengandalkan bahan baku dari sumber daya alam, tetapi lebih banyak memanfaatkan sumberdaya baru dan yang terbarukan, yang ketersediaannya tidak terbatas. Generasi Muda khususnya mahasiswa ke depan akan lebih banyak memilih berwirausaha daripada bekerja di suatu instansi, karena prospek dunia usaha ini lebih memberikan peluang besar untuk meraih kesuksesan secara mandiri,kreatif dan inovatif.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat mendorong kaum muda untuk lebih kreatif dan inovatif dibidang entrepreneurship. Dewasa ini menurut hasilsurvey sosial networking pengguna internet di Indonesia 73, 58% sebagian besar digunakan untuk kegiatan shoping online. Generasi muda merupakan penerus bangsa yang harus kreatif dan inovatif dalam bermasyarakaat dan ikut serta dalam industri pasar global.oleh karena itu perlu memberdayakan generasi muda penerus dan masyarakat akan pentingnya entrepreneurship dan digital marketing, dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu perkembangan new media di Indonesia mendukung terciptanya MEA.
Hal ini bisa dilihat dari data pengguna website, smart phone dan media sosial di Indonesia menurut We Are Social sebuah agency marketing social. Pada tahun 2015 sebanyak 72,7juta pengguna aktif internet, selain itu 72 juta pengguna aktif media sosial dimana 62 juta penggunanya mengakses media sosial menggunakan perangakat smart phone dan 308, 2 juta pengguna handphone. Menurut Lukman (2014) mengatakan bahwa UNICEF bersama dengan Kementrian komunikasi dan lnformasi The Berkman Center For Internet and Society, dan Harvad Univercity, melakukan survey nasional mengenai penggunaaan dari tingkah laku internet para remaja di Indonesia. Studi ini memperlihatkan bahwa ada setidaknya 30 juta orang remaja Indonesia sampai yang mengakses internet secara reguler. Jika masyarakat Indonesia sampai saat ini memiliki 75 juta pengguna internet, berarti hampir setengahnya adalah remaja.
Walau angka di atas terlihat besar, Indonesia sebagai negara berkembang belum mengalami pertumbuhan yang signifikan di dibanding pada tahun 2014. untuk membangun kesejahteraan perkembangan ekonomi dan teknologi perlu adanya upaya yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut salahsatunya dengan entrepreneurship dalam mengoptimalisasi digital marketing.
lstilah entreprenuership pada dasarnya merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya. Entreprenuership merupakan gabungan dari kreativitas, inovasi dan keberanian menghadapi resiko yang dilakukan dengan cara kerja keras untuk membentuk dan memelihara usaha baru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa entrepreneurship adalah kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan sebagai dasar, sumber daya, tenaga penggera, tujuan siasat, kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.
Untuk menunjang itu semua perlu adanya edukasi kepada masyarakat Indonesia tentang entreprenuership dan digital marketing pada generasi muda, karena mereka adalah ujung tombak masa depan bagi bangsa dan negara serta bisa dijadi kan landasan berfikir untuk bersaing dalam prestasi.
Pesatnya kemajuan teknologi di segala bidang juga mendorong kemajuan teknologi di bidang pemasaran. Penggunaan media konvensional sebagai media promosi kini mulai mengalami peralihan ke media digital. Perpaduan antara faktor – faktor sosial manusia, psikologis, dan faktor-faktor lainnya dengan faktor teknologi menghasilkan suatu media pemasaran yang interaktif sehingga dapat terciptanya media yang dapat menciptakan interaksi antara produsen, konsumen,dan pasar. Media tersebut adalah media digital, atau dalam dunia pemasaran disebut dengan digital marketing. Perubahan teknologi akan berubah dari offline menjadi online, dari involuntary menjadi voluntary. Pelanggan akan secara sukarela mencari informasi tentang produk atau jasa yang dibutuhkan. Mereka bisa memproses informasi sesuai dengan ketertarikannya. Lebih interaktif karena konsumen memiliki keterlibatan tinggi terhadap produk atau jasa. Bentuk pemasaran digital bisa melalui blog, web, e-mail, dan layanan lainnya.
Melalui layanan tersebut terjadi pertukaran informasi baik yang berasal dari produsen maupun konsumen. Jadi dengan digitalisasi pemasaran, informasi akan lebih murah karena mudah didapatkan sehingga akan menurunkan biaya riset, akuisisi, dan retensi. Selain itu adanya respon yang cepat dari konsumen melalui layanan di internet, berarti membantu percepatan inovasi dalam perusahaan. Keunggulan media baru dibandingkan tradisional akan memberikan peluang baru bagi perkembangan dunia pemasaran. Manfaat fasilitas berpromosi gratis di Internet yang dapat digunakan. Seperti blog, website, jejaring sosial dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan kondisi budget, target market, efektikitas dan efensiensi,dengan menggunakan search engine optimization (SEO). Namun jangan lupa untuk tetap bersabar, karena teknik ini memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar.
Dalam menjalani strategi Digital Marketing sangat diperlukan ketelatenan dan kesabaran karna proses penyebaran yang sangat cepat tidak bisa diimbangi dengan respon konsumen yang cepat pula, banyak sekali faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terutama jika didasari dengan kepercayaan.Tetapi dengan ketekunan dan penyampaian promosi yang terus menerus bisa dipastikan akan mendapatkan perhatian dan respon yang kita harapkan dengan lebih cepat. Dari apa yang telah dpaparkan diatasi dapat disimpulkan bahwa berwirausaha sebagai salah satu bentuk usaha untuk masyarakat, mendirikan Wirausaha itu sendiri juga memiliki tujuan diantaranya untuk meningkatkan ketrampilan, mengembangkanwira usaha baru mengurangi pengangguran, dan yang terpenting adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan Didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni, maka tidak menutup kemungkinan ba hwa wirausa hal yang dijalankan akan memberikan hasil yang bagus untuk kesejahteraan anggotanya.
Sebagai suatu usaha, wirausaha pastinya juga tidak akan bisa lepas dari yang namanya marketing. Sebagai usaha kecil menengah, UKM (Usaha Kecil Menengah) pastinya sangat membutuhkan media promosi yang tidak membutuhkan anggaran yang cukup besar.Salah satu media alternative yang bisa digunakan media pemasaran adalah sosial media marketing untuk wirausaha. Media ini merupakan media yang sangat efektif dan cocok untuk jenis usaha yang memiliki modal terbatas. Dengan gerakan wirausaha digital marketing pada generasi muda diharapkan dapat meningkatkan semangat dan jiwa kewirausahaaan khususnya generasi muda (mahasiswa/mahasiswi) yang mandiri handal dan tangguh serta memiliki daya saing.
Wirausaha Muda mandiri dilingkungan kampus sudah mulai tumbuh dan berkembang sehingga hal ini jadi menjadi motivasi agar lebih tumbuh lagi wirausaha baru kreatif, inovatif dan berwawasan global. Wirausaha muda mandiri mampu melakukan interaksi melalui tukar menukar informasi dan peningkatan kerja sama diberbagai sektor, disamping itu juga meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan berwirausaha dengan berbasis digital marketing khususnya bagi generasi muda agar menjadi pribadi entrepreneur.