INOVASI

0
1,980 views

Sesuatu yang baru di katakan efektif karena dapat mempermudah cara kerja dan hasil bermanfaat. Pemikiran kreatif berhubungan secara langsung dengan penciptaan nilai tambah, serta penemuan peluang bisnis. Pola pemikiran kreatif juga dibutuhkan untuk menggambarkan keadaan masa depan, di mana seorang wirausaha akan memberikan gambaran yang tidak dapat dihasilkan oleh eksplorasi masa kini.

Dalam mengelola usaha, keberhasilan seorang wirausaha terletak pada sikap dan kemampuan berusaha secara mandiri serta memiliki semangat kerja yang tinggi. Sedangkan semangat atau etos kerja tinggi seorang wirausaha itu terletak pada kreativitas dalam melakukan inovasi dan rasa percaya pada diri sendiri untuk maju dalam berwirausaha.
Seorang wirausaha adalah seorang yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi. Ia adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda atau kemampuan kreatif dan inovatif. Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut secara riil tercermin dalam kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha, kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative), kemampuan untuk mencari peluang ( oppo rtunity ), keberanian untuk menanggung risiko (risk taking) dan kemampuan untuk mengembangkan gagasan?gagasan.

Kemauan dan kemampuan tersebut diperlukan terutama untuk melakukan inovasi melalui mengkreasi proses/teknik baru, menghasilkan produk atau jasa baru, menghasilkan nilai tambah dan bermanfaat, merintis usaha baru yang mengacu pada pasar dan dengan menata organisasi. Dalam berwirausaha terdapat persaingan yang ketat. Untuk memenangkan persaingan, seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi dalam melakukan inovasi.
Daya kreativitas tersebut sebaiknya dilandasi oleh cara berpikir maju, penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada. Gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu. Justru seringkali gagasan-gagasan jenius yang memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha awalnya adalah dilandasi oleh gagasan-gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil. Memerlukan Perangkat Ampuh Inovasi menyangkut implikasi strategi, sumberdaya dan organisasional dalam upaya memperbaiki kinerja organisasi.

Kecakapan wirausaha dapat tumbuh subur dalam organisasi yang kaya inovasi. Seorang inovator dapat berhasil bila didukung oleh perangkat yang ampuh (Power Tools), yaitu : unsur Informasi, dukungan dan sumberdaya. Informasi sangat penting untuk membentuk gagasan dan menjadi kreatif, sebagai petunjuk tentang adanya kebutuhan, petanda adanya peluang. Inovator potensial perlu memilih perspektifnya untuk menemukan sudut pandang yang khas, yang di luar kebiasaan terhadap suatu masalah, mereka lalu memerlukan data dan informasi untuk menindak lanjuti.

Pola Komunikasi Terbuka menghasilkan nafas segar bagi inovator untuk?mengkreasi gagasan?gagasan baru menjadi lebih tumbuh dan berkembang. Organisasi tetap menjaga dan memelihara agar anggotanya senantiasa mengembangkan hasrat untuk berkomunikasi tatap muka, pada saat informasi dirasa sangat dibutuhkan. Dengan begitu anggota organisasi yang mendapat informasi dengan baik menjadi lebih mampu memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang untuk melakukan inovasi.

Dengan mengenali kreativitas yang dihasilkan oleh komunikasi lintas unit kerja, maka kelompok?kelompok kerja menjadi berperan dan berfungsi lebih efektif saling berbagi informasi dalam melakukan inovasi. Dengan demikian pengambilan keputusan berdasarkan sumber informasi yang jelas, valid, faktual , aktual dan dapat dipertanggungjawabkan, bukan dari issue?issue yang berkembang dan tidak jelas sumbernya.