IAU (International Association of Universities)/
Asosiasi Internasional Universitas
Di tengah dinamika perubahan yang semakin cepat, banyak institusi pendidikan tinggi menggabungkan sumber daya mereka, sehingga mereka dapat berbagi informasi dan sumber daya, mengkoordinasikan agenda penelitian, dan saling mendukung satu sama lain. International Association of Universities (IAU) adalah Asosiasi yang dibentuk di bawah naungan UNESCO pada 9 Desember 1950 selama Konferensi Internasional Universitas di Nice. Tujuannya untuk mendorong kerjasama antara lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia.
International Association of Universities (IAU) adalah organisasi non-pemerintah yang dipimpin dari keanggotaan di bidang pendidikan tinggi. Beranggotakan 650 institusi dan organisasi pendidikan tinggi dari sekitar 130 negara. IAU merupakan mitra resmi UNESCO dengan Sekretariat berdomisili di Paris di kantor pusat UNESCO. IAU mengadvokasi pendidikan tinggi sebagai kebaikan bersama global, penting untuk pengembangan masyarakat yang berkelanjutan. Promosi peluang didasarkan pada kepercayaan, rasa hormat, dan saling pengertian untuk menyoroti peran universitas sebagai aktor utama yang berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan untuk planet kita dan untuk generasi mendatang.
Ide awal pembentukan Asosiasi dimulai pada tahun 1930-an, namun harus menunggu sampai tahun 1947, ketika panggilan resmi untuk membentuk Asosiasi dikeluarkan pada Konferensi Umum UNESCO ke-3, di Meksiko oleh Menteri Pendidikan Meksiko saat itu, Dr. Torres Bodet. UNESCO selanjutnya menyelenggarakan Konferensi Persiapan Perwakilan Universitas di Universitas Utrecht pada tahun 1948, pada saat itu dukungan struktur resmi untuk Asosiasi global ini dibentuk. Konferensi Umum IAU pertama berlangsung di Nice pada tahun 1950.
Maksud dan tujuan umum IAU pada waktu itu adalah “untuk menyediakan pusat kerjasama di tingkat internasional antara universitas dan lembaga pendidikan tinggi sejenis dari semua negara, serta antara organisasi di bidang pendidikan tinggi pada umumnya, dan memberi advokasi untuk keprihatinan mereka” (Konstitusi IAU, pasal 2).
Pada tahun enam puluhan, perkembangan penting adalah pembentukan Komite Pengarah Bersama UNESCO-IAU untuk penelitian internasional tentang isu-isu substantif yang dihadapi universitas di seluruh dunia, dan diketuai bersama oleh Direktur Jenderal UNESCO dan Presiden IAU. Tahun enam puluhan merupakan masa refleksi atas visi masa depan IAU di luar kegiatan rutinnya. Presiden IAU, Frank Cyril James, membentuk Komite Pengembangan untuk mempertimbangkan arah masa depan Asosiasi.
Tujuh puluhan melihat inisiatif baru yang keluar dari Konferensi Montreal (1970) – peluncuran seri Seminar IAU. Seminar pertama yang melihat masalah pendidikan tinggi terpadu diadakan pada tahun 1971 di Jerman, dan diikuti serangkaian seminar yang diselenggarakan setiap tahun atau dua tahun sekali. Secara umum, pada dekade ini terlihat peningkatan pembentukan badan-badan regional dan organisasi-organisasi yang menangani pendidikan tinggi. UNESCO bekerja sama dengan IAU dalam pembentukan Pusat Pendidikan Tinggi Eropa UNESCO (CEPES) pada tahun 1972, Universitas Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNU) pada tahun 1973, dan Pusat Pendidikan Tinggi Regional UNESCO di Amerika Latin dan Karibia (CRESALC) pada tahun 1974 – pendahulu UNESCO International Institute for Higher Education di Amerika Latin dan Karibia (IESALC) pada 1997.
Tahun delapan puluhan membawa perubahan, baik dalam hal kepemimpinan di Sekretariat IAU maupun dalam hal operasi dan kemungkinan di era baru “komputerisasi”. Sebuah publikasi baru diluncurkan pada tahun 1988, Kebijakan Pendidikan Tinggi (HEP), sebuah jurnal penelitian peer-review. IAU bekerja sama erat dengan UNESCO dalam digitalisasi layanan informasi dan meluncurkan inisiatif inovatif, termasuk Pusat Informasi IAU-UNESCO yang dikembangkan dari Pusat Informasi awal.
Tahun sembilan puluhan tradisi pengembangan Pernyataan Kebijakan dimulai sebagai sarana untuk menyatukan masyarakat di sekitar nilai-nilai inti, prinsip-prinsip dan isu-isu yang menjadi perhatian pendidikan tinggi, serta untuk memposisikan Asosiasi sebagai pemangku kepentingan utama dalam masyarakat. Ini termasuk Deklarasi Kyoto tentang Pembangunan Berkelanjutan (1993), Pernyataan Buenos Aires tentang Pendanaan Pendidikan Tinggi (1994) dan Kebebasan Akademik, Otonomi Kelembagaan dan Tanggung Jawab Sosial (1998). Tradisi ini berlanjut selama dekade berikutnya dengan tujuh Pernyataan Kebijakan yang dikeluarkan antara tahun 2000 dan 2014. Yang terbaru, Pernyataan IAU Iquitos tentang Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan dari tahun 2014.
Setelah terlibat dalam Konferensi Dunia UNESCO tentang Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Bonn, Jerman, 2009), IAU diundang ke dalam Kelompok Referensi Dekade Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN-DESD) dan Kelompok Pengarah Internasional (ISG) dalam persiapan akhir Dekade World Conference on ESD (WC-ESD), di Aïchi Nagoya, Jepang (November 2014). Deklarasi Konferensi menggabungkan rekomendasi yang dinyatakan dalam Pernyataan IAU Iquitos tentang HESD tentang Memadukan Pendidikan Tinggi dan Pengetahuan Tradisional untuk Pembangunan Berkelanjutan yang diadopsi Dewan Administratif IAU pada Konferensi Internasional IAU 2015 di Siena.
Internasionalisasi pendidikan tinggi menjadi ciri khas kegiatan IAU selama milenium baru. IAU meluncurkan serangkaian Laporan Global tentang Internasionalisasi Pendidikan Tinggi. Sampai saat ini, telah diterbitkan lima laporan dalam periode 2003-2019. IAU juga mengembangkan dan meluncurkan Internationalization Strategies Advisory Service (ISAS), di mana Anggota dapat memperoleh manfaat dari layanan penasihat ahli tentang strategi internasionalisasi.
Selama dekade ini IAU mengembangkan Konferensi Tahunan di antara Konferensi Umum. Asosiasi universitas regional atau transnasional telah bekerja sama dengan IAU sejak awal. Sejak Konferensi Umum IAU pada tahun 2000 dan adopsi Konstitusi yang diamandemen, organisasi universitas dapat bergabung dengan IAU sebagai Anggota Organisasi. Selain itu, IAU juga menyambut Anggota Afiliasi, seperti jaringan universitas dan organisasi khusus, sementara individu yang terlibat dalam pekerjaan IAU juga dapat mendaftar untuk bergabung sebagai Associates. Untuk Anggota Organisasi, forum dua tahunan telah dibuat – Pertemuan Global Asosiasi (GMA).
IAU berkontribusi dalam penyusunan dan adopsi Agenda PBB 2030 – Transforming Our World mengadvokasi peran penting pendidikan tinggi. Paling tidak melalui Pernyataan IAU Iquitos, dan IAU meluncurkan serangkaian survei global untuk memantau kontribusi pendidikan tinggi yang berkembang terhadap pembangunan berkelanjutan. Survei pertama dilakukan pada tahun 2016 dan yang kedua pada tahun 2019. Pada tahun 2018, IAU meluncurkan Global Cluster on HESD untuk mempromosikan peran institusi pendidikan tinggi dalam membangun masyarakat yang lebih berkelanjutan, bertindak sebagai suara pendidikan tinggi di Forum Politik Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (HLPF), khususnya dengan Asosiasi Universitas Persemakmuran (ACU) dan Agence Universitaire de la Francophonie (AUF).
Program pengembangan kepemimpinan diluncurkan pada tahun 2015, yang dikenal sebagai Universitas Terkemuka Secara Global (LGEU) yang terbuka berdasarkan prioritas bagi Anggota IAU. Pada tahun 2015, IAU World Higher Education Database (WHED) diluncurkan sebagai portal online bekerja sama dengan UNESCO, memberikan informasi otoritatif pada lebih dari 19.000 institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia dan sekitar 196 sistem pendidikan tinggi. Pada tahun 2019, fitur baru diluncurkan untuk memfasilitasi identifikasi HEI: Global WHED ID – kode digital unik untuk setiap HEI di WHED – dan ini dikembangkan untuk mendukung Konvensi Global UNESCO tentang pengakuan kualifikasi pendidikan tinggi.
Rencana Strategis 2016-2022, diadopsi selama Konferensi Umum IAU ke-15, di Bangkok pada tahun 2016, memperdalam fokus IAU pada empat tema prioritas pendidikan tinggi utama: kepemimpinan, internasionalisasi, pembangunan berkelanjutan, dan transformasi digital pendidikan tinggi sambil meningkatkan dukungan dan layanan untuk Anggota serta meningkatkan visibilitas dan keterlibatan mereka.
Transformasi digital Perguruan Tinggi menjadi bagian dari prioritas strategis baru Asosiasi yang tertuang dalam Renstra terakhir. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi topik penting di masa lalu, beberapa kelompok kerja dan proyek telah dikhususkan untuk bidang ini, dan sebuah pernyataan tentang Universitas dan TIK diadopsi pada Konferensi Umum pada tahun 2004. IAU membentuk sebuah Expert Advisory Group pada tahun 2018 untuk mengembangkan pernyataan kebijakan baru untuk menguraikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai utama yang harus membentuk transformasi digital masyarakat pendidikan tinggi.
Seiring waktu, IAU telah dan terus mencapai tujuannya melalui pengembangan dan berbagi pengetahuan, analisis tren, publikasi dan portal khusus, layanan konsultasi, pelatihan dan pembelajaran peer-to-peer, serta advokasi dan representasi global. Keterlibatan IAU dalam inisiatif internasional semakin menonjol dan berlapis-lapis.
Sumber: https://iau-aiu.net/; https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_higher_education_associations_and_alliances#Global