Tata Kurniawan (Maheswari Hijab)

0
670 views

Asuhan: Keni Kaniawati

Widyatama Business Incubator/ WIBI

.

Tata Kurniawan (Maheswari Hijab)”

    MW Hijab and Fashion adalah sebuah unit usaha skala kecil (UMKM) yang bergerak di bidang produksi sekaligus penjualan kerudung (hijab) dan pakaian wanita (Muslimah). Bermula dari coba-coba berjualan wall sticker secara online, kemudian beralih ke produk kesehatan, skincare, kerudung hingga busana Muslimah. Saat itu, kami hanya menjual produk orang lain. Namun karena semakin tingginya animo terhadap produk hijab dan busana Muslimah, serta jumlah konsumen dan reseller yang mulai bertambah, kami berpikir untuk membuat produk dengan brand sendiri.   Pada tanggal 4 April 2014 Fonny Novriana (teh Fonny) memilih nama Maheswari sebagai nama produk (dalam bahasa Sansakerta berarti Bidadari). Sejalan dengan waktu, orang kemudian mengenalnya dengan nama (singkatan) MW, yang kini ditetapkan sebagai nama (brand) produk.

    Perusahaan dipimpin oleh Tata Kurniawan (kang Tata), alumni Program Magister Manajemen Universitas Widyatama tahun 2021 sekaligus merupakan Tenant Widyatama Business Incubator, yang tidak lain adalah suami

Figure 1, Tatan Kurniawan, SE., MM. – Tenant WIBI

dari teh Fonny. Jumlah karyawan hingga saat ini sebanyak 5 orang serta didukung oleh tim produksi yang berjumlah 14 orang. Lokasi bisnis terletak di Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Aktifitas pemasaran dan penjualan dilakukan secara online melalui media sosial serta marketplace. Meskipun demikian, layanan offline tetap merupakan bagian dari strategi MW. Letaknya yang cukup dekat dengan pusat kota menjadikannya tidak sulit bagi konsumen yang ingin datang mengunjungi tokonya.

Di tengah persaingan bisnis serupa yang semakin ketat, MW berupaya menciptakan diferensiasi dan keunggulan dengan membangun image kerudung dan busana Muslimah yang memiliki desain menarik, inovatif, kualitas premium, namun dengan harga yang terjangkau. Alhamdulillah, keunggulan dan strategi bisnis yang diterapkan berhasil membawa MW keluar dari dahsyatnya gelombang Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 lalu. Bahkan hingga saat ini, jumlah dan varian produk pun semakin bertambah dengan angka penjualan rata-rata Juni – September 2021 cenderung meningkat dari sebelumnya.

  Tantangan MW saat ini adalah bagaimana meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas jejaring pemasaran termasuk menjangkau segmen baru, dengan tetap fokus pada inovasi, kualitas produk, layanan kosumen, promosi, dan tentu saja tata kelola (manajemen) yang baik. Berbicara persaingan bisnis, kang Tata tidak banyak melakukan analisis terhadap kompetitor secara lebih jauh. Ia percaya bahwa setiap produk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Dan persaingan bisnis yang sebenarnya bukan hanya bersaing pada aspek produk atau harga, namun juga strategi tentang bagaimana agar selalu dekat di hati pelanggannya.

Visi

Menjadi sahabat terbaik wanita dalam memenuhi kebutuhan akan produk hijab dan fashion (baju Muslimah) yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Misi

1.Menciptakan trend melalui inovasi produk yang berorientasi pada kebutuhan konsumen
2.Menerapkan fungsi manajemen secara profesional
3.Memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh mitra dan konsumen
4.Meningkatkan jangkauan pemasaran yang lebih luas termasuk mitra, produk, hingga konsumen (segmen) baru

.

    Widyatama Business Incubator (WIBI)   merupakan program bantuan kepada perintis usaha di tahap awal bisnis. Bantuan yang diberikan biasanya berupa konsep dan pembuatan produk awal. Sementara, akselerator bisnis memberikan bantuan pada bisnis yang sudah memiliki produk. Inkubator bisnis biasanya memberikan program kepada pengusaha pemula untuk mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis melalui rangkaian program permodalan yang diikuti dukungan kemitraan atau pembinaan elemen bisnis lainnya. (KK)

.

.