Buku Super Speed Reading

Buku Super Speed Reading

Super Speed Reading

Super Speed
Reading

Irwan Widiatmoko
(Mr*SGM)

Membaca cepat tentunya sebuah keterampilan yang akan sangat membantu kita menyerap dan memahami informasi dari buku atau sumber informasi cetak lainnya. Tentunya hal ini bermanfaat bagi mahasiswa, dosen atau para pembelajar. Apalagi di jaman informasi yang serba cepat ini. Buku Super Speed Reading memberikan langkah-langkah praktis dalam hal kemampuan membaca dan pemahaman tentang materi yang kita baca. Irwan Widiatmoko atau disebut juga dengan Mr. SGM secara jelas membagi kemampuan membaca menjadi tiga hal yaitu: kecepatan membaca, pemahaman, kecepatan efektif. Dari tiga hal di atas Mr. SGM memberikan sebuah formula dimana akan dihasilkan suatu perhitungan yang pada akhirnya bermuara pada kecepatan efektif.

Dari kecepatan efektif inilah Mr. SGM mengkatagorikan kecepatan membaca menjadi enam bagian yaitu kategori pembicara ratarata, pembaca lambat, pembaca rata-rata, pembaca tinggi, pembaca cepat, power reader. Untuk lebih jelasnya secara detail bisa dilihat pada Tabel Kategori Kecepatan Membaca (hal.9) . Pembagian secara garis besar di mulai dari : pembicara ratarata dengan kecepatan 150 kpm (kata per menit) s/d power reader dengan kecepatan >= 1500 kpm ke atas. Perhitungan kecepatan efektif diatas merupakan hasil kali dari kecepatan baca dikalikan pemahaman (hal 8).

Buku setebal 172 halaman ini memiliki konten yang ringan dan banyak diselingi dengan game yang mendukung kemampuan peningkatan membaca cepat. Selain itu juga terdapat selipan cerita-cerita lucu, tips-tips dan cara (metode) yang memberi jalan untuk mampu membaca dengan cepat, termasuk metode singkat yang membantu pembaca untuk mampu menghafal dengan cepat. Mind mapping disinggung sedikit dalam buku ini, dengan tujuan membantu pembaca mampu meningkatkan pemahaman dalam membaca sekaligus mempercepat kemampuan menghafal suatu bacaan tertentu.

Pemahaman yang meningkat oleh Mr. SGM ini diharapkan akan meningkatkan pula kecepatan membaca efektif pembaca, dan pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi dari kegiatan membaca. Dimana semakin banyak kata yang dibaca akan semakin banyak pula pemahaman yang diperoleh. Buku ini disertai dengan bonus CD yang berisi mengenai contoh memory map, game ringan yang membantu peningkatan kemampuan membaca efektif, musik, dan beberapa item lainnya yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan membaca. Selamat membaca. (ABP)

 

Comments are closed.