Wagub Djarot Janji Desak Minimarket di Jakarta

Wagub Djarot Janji Desak Minimarket di Jakarta Jual Produk UMKM

Merdeka.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi keberadaan minimarket yang menurutnya jumlahnya makin menjamur. Dia mengakui kehadiran gerai-gerai swalayan itu semakin menggilas para pengusaha kecil.

Maka dari itu, Djarot berpikir akan segera mewajibkan minimarket menyediakan ruang minimal sepuluh persen buat memajang dan menjual produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal itu mesti dilakukan sebab pemerintah juga berkewajiban melindungi para pengusaha kecil supaya tidak gulung tikar dan bisa bersaing dengan produk bikinan pabrik.

Minimarket itu harus ada space (ruang) untuk produk-produk UMKM. Kalau dibiarkan saja, habislah mereka, kalah dengan perusahaan-perusahaan besar itu, kata Djarot saat berbincang di rumah dinasnya di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (25/12).

Djarot menerangkan selama ini barang jualan minimarket selalu dipasok oleh produk-produk dari perusahaan besar. Bila dibiarkan maka dapat mematikan pengusaha kecil merupakan hasil jerih payah rakyat. Atas hal itu, Djarot menjelaskan perlu ada pengaturan terkait hal ini.

Prinsipnya adalah kesetaraan, tegas Djarot. Lebih lanjut, Djarot berjanji segera bertindak buat mengatasi hal ini. Dia menginginkan penataan secepat mungkin tanpa harus melalui revisi kebijakan. Kita akan kumpulkan mereka (pengusaha minimarket) supaya mau memberi ruang untuk UMKM, ujar Djarot.

[war] Ahmad Baiquni | 25 Desember 2014

Comments are closed.