Penjernih Air Keruh Penelitian Dosen Teknik Mesin UTama Untuk Masyarakat

0
436 views

 

Penjernih Air Keruh Penelitian Dosen Teknik Mesin UTama Untuk Masyarakat

Dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dosen Teknik Mesin UTama melakukan PkM di SMK Putra Bahari, Jalan Jatimekar RT 01, RW 06, Desa Bojongmalaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung dengan memasang alat penjernih air. Kegiatan dilaksanakan hari Sabtu, tanggal 29 Agustus 2020 lalu.

Udin Komarudin, Ir., MT., Ketua Program Studi Teknik Mesin menjelaskan tujuan kegiatan tersebut untuk membantu masyarakat mengatasi masalah air yang keruh, di daerah Desa Bojongmalaka, termasuk SMK Putra Bahari. Selama ini mereka memanfaatkan air artesis (sumur) dengan kulitas air yang keruh, bau tanah dan besi.

Melalui kegiatan PkM ini, program studi kami memberikan solusi membantu masyarakat dengan sosialisasi dan penerapan cara membuat alat penjernih air. Berdasarkan hasil penelitian, alat ini dapat menjernihkan air keruh dan bau, menjadi bening dan tidak berbau, yang layak untuk digunakan keperluhan sehari hari, tetapi tidak untuk diminum, jelas Udin, 2 September 2020 lalu. Kegiatan tersebut merupakan salah satu tugas pokok dosen, dari Tri Dharma PT: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat imbuhnya.

Kegiatan PkM melibatkan semua dosen Teknik Mesin, di antaranya; Martoni, ST., MT.; Nia Nuraeni Suryaman, S.Pd., MT.; Marisa Hirary, ST., MT.; Ida Farida, ST., MT.; Heru Santoso, Ir., MM.; Kresno, ST. serta beberapa mahasiswa Teknik Mesin yang mewakili angkatannya.

Dalam pelaksanaan di lapangan, kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan, kata Udin.

Selain sosialisasi, kegiatan PkM Prodi Teknik Mesin juga menyerahkan dua unit alat penjernih air kepada SMK Putra Bahari. Sekaligus diinstalasi di sekolah sebagai protoype/model apabila masyarakat akan membuatnya. Alat tersebut diberi nama Saringan Air Mesin Universitas Widyatama (SarmUT).

Udin berharap melalui kegiatan PkM hasil penelitian para dosen tidak hanya tercatat di jurnal, tetapi dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan menjadi solusi atas masalah yang ada di masyarakat. Sementara itu Kepala Sekolah SMK Putra Bahari, Ratih Ambarsari, S.Sos, sangat berterima kasih atas pemasangan saringan penjernih air, SarmUT PkM Teknik Mesin Universitas Widyatama. Alhamdulillah kini air yang keruh setelah disaring menggunakan SarmUT jadi jernih dan bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari, kata Ratih. (HmsUTama – 03Sep2020)