Gunung, Kolam Rendam & Belerang: Kekayaan Alam yang Luar Biasa

0
3,711 views

Pemandangan alam pegunungan serta air panas dengan kandungan sulfur dan belerangnya yang berkhasiat menjadi daya tarik tersendiri. Sebutlah tempat wisata pemandian air panas di Gracia Spa Resort, Ciater Jawa Barat, Banyuwedang Bali, Semurup Jambi, Tiris Probolingo dan lain-lain. Tempat tempat tersebut selalu dipenuhi pengunjung yang berekreasi sekaligus ingin mendapatkan manfaat dari air panas belerangnya. Kali ini kami suguhkan pemandangan perkebunan teh pada saat suasana kabut turun, sejuk juga sangat memanjakan mata, sekaligus pemandian air panas yang mengandung belerang. Saya coba menyajikan tentang apa itu belerang dan manfaatnya.

Apa itu Belerang ?

belerang
Belerang atau sulfur adalah Unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki lambang S dan nomor atom 16. Bentuknya adalah non-metal yang tak berasa, tak berbau dan multivalent. Belerang, dalam bentuk aslinya, adalah sebuah zat padat kristalin kuning. Di alam, belerang dapat ditemukan sebagai unsur murni atau sebagai mineral-mineral sulfide dan sulfate. Ia adalah unsur penting untuk kehidupan dan ditemukan dalam dua asam amino. Penggunaan komersilnya terutama dalam fertilizer, namun juga dalam bubuk mesiu, korek api, insektisida dan fungisida. Belerang memang dapat membunuh kuman atau bakteri tertentu yang menyerang kulit. Akan tetapi tak semua penyakit kulit bisa disembuhkan hanya dengan berendam di pemandian air belerang. Itu artinya hanya penyakit kulit yang tergolong ringan saja yang bisa diatasi. Selebihnya tentu harus diperiksakan secara intensif ke dokter ahli yang terkait.

Air dari mata air belerang ini muncul baik kuning-kecoklatan atau susu dan memancarkan bau telur agak busuk. Mineral dalam air memiliki efek terapi positif pada penyakit kulit, penyakit wanita, asma, neuralgia, arteriosklerosis, rematik dan bahu, leher dan pergelangan tangan sakit, mereka juga memiliki efek detoksifikasi dan mucolytic. Terbatas asupan oral dapat meningkatkan kondisi seperti sembelit dan diabetes, namun, seorang dokter harus selalu berkonsultasi terlebih dahulu. Nah… Mata air panas mengandung belereng tidak cocok untuk terapi inhalasi (hirup).

Sulfur telah digunakan medicinally sejak zaman kuno, dan ini terkandung dalam setiap sel dalam tubuh Anda. Ini adalah komponen dari tiga asam amino yang berbeda (blok bangunan yang membentuk protein). Sekitar 0,25 persen dari total berat badan Anda adalah belerang. Hal ini paling terkonsentrasi di keratin, yang memberikan anda rambut yang kuat, kuku, dan kulit. Hal ini dikenal sebagai “mineral keindahan alam” karena tubuh memerlukannya untuk memproduksi kolagen, yang membuat kulit anda elastis dan muda-tampan.

Belerang digunakan terutama untuk mempermudah, ruam merah gatal kondisi seperti eksim dan ruam popok. Hal ini juga membantu melindungi tubuh Anda dari racun di lingkungan. Selain itu, orang dengan radang sendi dapat menemukan penghilang rasa sakit dari menenangkan mandi di air panas belerang. Bentuk mineral unsur sulfur ditemukan dalam batuan di dekat sumber air panas dan gunung berapi. Dalam dunia Farmasi dan medis, belerang digunakan untuk mengurangi ruam kulit, ada dalam bentuk sediaan salep, krim, lotion, atau serbuk debu yang mengandung belerang sebagai bahan aktif.

Jika Anda menderita arthritis, atau penyakit tulang, berendam di mandi sulfur alam (jenis yang biasanya ditemukan di sumber air panas) dapat sangat meringankan rasa sakit pada sendi Anda. Bicarakan dengan dokter untuk melihat apakah Anda akan diuntungkan dengan jenis terapi di atas.
Sulfur juga tersedia sebagai suplemen makanan dalam bentuk tablet dan kapsul. Namun, Anda kemungkinan besar tidak perlu mengambil belerang ekstra. Jika Anda makan diet seimbang yang mencakup uang saku harian yang direkomendasikan protein, Anda harus mendapatkan semua belerang yang Anda butuhkan untuk mempertahankan fungsi sehari-hari tubuh Anda. Setiap sulfur tambahan akan dikeluarkan dalam urin Anda. Ikuti saran dari penyedia layanan kesehatan Anda dalam mengambil belerang sebagai suplemen.

Kewaspadaan
Belerang, dengan sendirinya, tidak beracun untuk tubuh kita. Namun, beberapa orang sangat alergi terhadap kerabat belerang seperti sulfida dan obat sulfa. Sulfida digunakan sebagai pengawet makanan dan dapat memicu asma dan reaksi alergi lain pada orang yang sensitif. Obat sulfa dapat menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah), ruam kulit, demam tinggi, sakit kepala, kelelahan, dan masalah lambung. Beritahu dokter jika Anda berpikir Anda mungkin alergi terhadap zat yang mengandung belerang.

Jika ingin berendam di air panas alami, sebaiknya menyimak dulu tips berendam di air panas. Agar kita benar- benar mendapat manfaatnya, bukan justru sebaliknya dapat berakibat buruk untuk kesehatan kita.

Tips Berendam Air Panas Alami
Walau harus waspada, namun belerang juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena dengan banyak kandungan yang terkandung, maka belerang bermanfaat untuk :
1. Mengeluarkan racun
Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit.
2. Menghilangkan Stress
Jika anda benar-benar mengalami stress, mandi air hangat akan menjadi jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkan sekitar 30 – 35 derajat Celsius. Mandi air hangat sangat baik meredakan ketegangan, apalagi jika dialam bebas sambil menikmati pemandangan alam. Dijamin stres akan hilang menjauh.

3. Mengobati Eksema
Penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam atau gatal-gatal. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit dan menggosokan air tersebut pada bagian yang terkena eksema.
4. MengobatiInfeksi
Berendam sekitar 15-30 menit dapat membantu penyembuhan penyakit- penyakit infeksi kulit, ini pengaruh dari sifat belerang yang mengandung antiseptik.
5. Flu dan Sakit Kepala
Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.
6. Mengobati Insomnia
Merendam kaki dalam air hangat sangat baik bagi anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Masukkan kaki sampai kaki merasa hangat sekitar 10 – 15 menit. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, flu dan sembelit.
7. Memperlancar Sirkulasi darah
Berendam di air hangat, akan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kesehatan organ-organ vital dalam tubuh seperti jantung, paru paru, ginjal, liver dan lainnya. Sehingga ada beberapa penderita penyakit seperti jantung, diabet, hipertensi, arterosklirosis dll. yang merasa lebih baik kesehatannya jika rutin berendam di air panas alami ini.
8. Mengobati jerawat
Sulfur dapat mengobati jerawat di wajah. Caranya, usapkan saja beberapa kali air panas yang mengandung belerang ke bagian yang berjewarat, misal di bagian wajah atau punggung dan digosok-gosokkan selama 5- 10 menit.
9. Meringankan keluhan
Macam-macam Penyakit yang yang dapat diredakan adalah penyakit tulang seperti Rematik, sakit bahu, sakit pergelangan tangan dan khaki.
10. Manfaat lainnya
Air panas Belerang juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas,memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, dan sangat efektif menghilangkan pegal-pegal.

Sedangkan penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan beberapa temuan penting mengenai manfaat mandi air panas :
1. Para penderita diabetes yang menghabiskan waktu selama setengah jam berendam dalam air suam/hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sebesar 13%.
2. Penelitian di Jepang menunjukkan 10 menit – 20 menit berendam dalam air panas dapat memperbaiki kesehatan jantung, terutama untuk lelaki.
3. Mandi air panas dapat mengeluarkan racun. Air dengan suhu antara 32 – 35 celcius dapat membuka pori pori dan membantu mengeluarkan racun toksin dalam tubuh.
4. Menyembuhkan sakit otot pegal.
5. Mandi air panas selama 10-20 menit dapat menjaga usus besar bekerja dengan baik.
6. Terapi mandi air panas dapat membantu mengatasi penyakit kulit.
7. Merendam kaki ke dalam air panas dapat membantu menyembuhkan dari selesma,sakit kepala dan membantu menyegarkan kembali kaki yang lelah.

Jadi tunggu apa lagi, berendam di air panas alami untuk kesehatan, plus sambil berwisata memanjakan mata dan pikiran di daerah Subang itu sangat menyenangkan dan juga salah satu objek wisata yang sangat diminati turis domestic maupun luar negeri. @ Yanda Ramadana.