RUTE TOURING JALUR BANDUNG – MAJALAYA – CIJAPATI – GARUT

6,690 views

RUTE TOURING

JALUR BANDUNG – MAJALAYA – CIJAPATI – GARUT

  Cijapati merupakan jalur jalan yang mengubungkan antara kabupaten Garut dan Kabupaten  Bandung. Sebelum jalan raya Nagreg diperbaharui, jalur Cijapati ini sering di jadikan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan kendaraan di jalur Nagreg. Apalagi saat-saat libur panjang seperti lebaran puasa, jalur ini menjadi andalan sebagai jalur alternatif satu-satunya yang sering digunakan pemudik.

162270983522616227098353281622709835148

https://2.bp.blogspot.com/-6oV1mttQb8g/WDMJwX4ibZI/AAAAAAAAD90/N2Q6X50h-_IyxeGSEujzZlAcP38tLqHbQCLcB/s320/Image%2B4.jpg 1622709835244
SALAH SATU TANJAKAN DAN KELOKAN KAWASAN CIJAPATI

  Namun, kondisi medan jalan Cijapati yang berkelok dengan aspal baru, menjadi kenikmatan tersendiri bagi pengendara roda dua. Selain itu harus diperhatikan juga kelokan tajam supaya tidak terjadi kecelakaan. Panjang jalan dari mulai masuk  ke arah Cijapati dari Majalaya  sekitar 8 km, sementara untuk mencapai daerah Kadungora sepanjang 28 km.

  Keseruan dalam berkendara touring dengan roda dua ini menjadi salah satu hobby bermotor saya untuk menghilangkan penat dan me-refresh kembali setelah menjalani rutinitas perkantoran sehari-hari. Kami berangkat subuh untuk mendapatkan moment terbaik di puncak Cijapati dengan keseruannya.

C:\Users\hp\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\1622709835295.jpg IMG-20210322-WA0022

Bagi anda yang akan mencoba melewati jalur Cijapati , baik dari Garut maupun dari arah Bandung berikut rutenya.

Dari arah Majalaya:

Kendaraan anda setelah melewati Majalaya, ikuti jalur jalan yang menuju Rancaekek. Dari sini lurus terus sampai menemukan rambu arah jalan yang menuju Cijapati. Selanjutnya belok kanan untuk menuju Cijapati.

Dari arah Rancaekek:
Jalur jalan yang menuju Cijapati dari Rancaekek adalah jalur jalan yang menuju Majalaya dahulu. Dari sini kendaraan anda lurus terus ke arah Majalaya sampai menemukan rambu jalan yang menuju Cijapati. Kemudian belok kiri.

Dari arah Garut:
Baik kendaraan dari arah barat maupun timur, setelah anda masuk kota Garut untuk menuju jalur Cijapati adalah dengan memasuki kecamatan Kadungora dahulu. Dari Kadungora inilah rute jalan menuju Cijapati.
Selanjutnya lebih kurang tiga puluh menit, anda akan memasuki kawasan Desa Rancasalak (Cianting), perhatikan tersedia rambu penunjuk arah. Bila sudah ketemu , kendaraan anda belok kanan.

JALUR MENUJU CIJAPATI DAERAH KADUNGORA

ARAH JALAN MENUJU CIJAPATI DI DESA RANCASALAK

Tempat Pemberhentian di Puncak Cijapati

1622709835198 1622709835182

  Secara geografis, Cijapati merupakan kawasan pegunungan/perbukitan. Kalau kita menengok ke sana, akan mengingatkan pada area puncak Bogor. Namun medan jalan disini sangat rawan. Turunan dan tanjakanya sangat drastis, sehingga perlu kehati-hatian bagi pengemudi, dan yang paling penting kondisi rem dan mesin harus dalam kondisi baik dan bagus. Di daerah ini sering dijadikan tempat nongkrong masyarakat, karena berhawa sejuk dan pemandanganya indah. Tersedia juga warung-warung makan bila anda lapar.
Semoga selamat sampai tujuan, Selalu Menjaga 5M & Keep Safety Riding!!!