Widyatama Japan Matsuri 2019

0
610 views

Dosen dan mahasiswa Prodi Bahasa Jepang Universitas Widyatama, Sabtu (16/2) mempersembahkan WIDYATAMA JAPAN MATSURI (WJM) 2019 bertajuk “KISARAGI NO SEIYA”. Acara tahunan yang diadakan di Gedung Serba Guna (GSG) Widyatama oleh prodi bahasa Jepang untuk mengasah kemampuan siswa SMA di seluruh Jawa Barat tentang Jepang (budaya/bahasa) dan menyalurkan hobi maupun bakat mereka, baik bidang akademik maupun non-akademik di Japan Matsuri.

Acara Widyatama Japan Matsuri biasa di adakan setiap awal tahun, dengan beberapa kompetisi : a) lomba akademik yakni Kana A untuk kelas 10 dan Kana B untuk kelas 11, Cerdas Cermat, Shuji, Rodoku dan Desain karakter ;sedangkan lomba non-akademik ada cosplay individu, cover dance dan cover sing.

Lomba akademik hanya bisa diikuti oleh pelajar SMA, sedangkan untuk lomba non-akademiknya bisa diikuti semua usia. Untuk tahun ini ada 300 peserta dari 47 sekolah seluruh Jawa Barat pada perlombaan akademik, dan 100 peserta pada perlombaan non-akademik yang turut memeriahkan kompetisi.

Acara Widyatama Japan Matsuri (WJM) tahun ini di pandu MC dari JKT48 Kyla dan Puti, dan menampilkan 4 Guest Star yaitu Ministry Of Idol, Stellar, Tokyo Night – Thousand Sunny dan Lumina Scarlet Kouhai. Juga ada Special Performance dari Pika Pika Girls, Naira, Japan Community Widyatama Band, Yon-Go dan Vover. Selain itu ada juga penampilan dari Nagasaki sara odori, pertunjukan adat Sunda, demonstrasi shuuji, Souran Bushi Bandung Japanese School, cover dance, cover sing dan cosplay individu.

Selain beragam kompetisi dan performance, acara WJM menyajikan aneka kulineran khas Jepang seperti takoyaki, taiyaki, yakitori, dsb. Acara juga terbuka untuk umum. (Humas 19Feb2019)