Komunita : Bagaimana PT sebaiknya melakukan pembinaan kepada para dosen, sehingga mampu menja lanka n pera n dan fung sinya sekaligus mendukung pula visi serta misi dari perguruan tinggi?
Prof. Hakim : PT seharusnya tidak hanya menceramahi para dosen saja, tapi melakukan program-program pembinaan yang terstuktur dan resmi. Seperti pelatihan peningkatan kemampuan dosen dalam hal bahasa Inggris, pelatihan penulisan paper/jurnal. Atau PT mendorong dosennya agar banyak membaca, meneliti dan mengajar. Idealnya, PT membangun sebuah sistem lingkungan akademik yang baik, kejujuran, clan pembagian kelompok dosen menurut bidang keahliannya.
Komunita :Bagaimana upaya dan peran tambahan bagi PT dalam mendorong peningkatan profesionalisme dan keilmuwan dosen secara konkret ?
Prof. Hakim : PT dapat membangun budaya akademik yang baik, misalkan dengan cara memberikan ruang kepada dosen untuk dapat duduk di meja kerjanya, lalu membaca buku, membuat jam kerja kantor kepada dosen karena untuk memberi waktu kepada dosen untuk melakukan penelitian clan pengabdiannya di dalam kampus. Karena pada zaman dulu dosen banyak yang datang ke kampus mengajar lalu pulang atau mengajar dari satu kampus ke kampus lain, ini menyebabkan waktu untuk membimbing mahasiswa tidak ada, penelitian tidak dan lain-lain. Membuat sistem pemantauan dosen dengan FRKD {Form Rencana Kegiatan Dosen) dibuat diawal semester oleh masing-masing dosen yang bersangkutan, yang memuat tentang rencana mengajar mata kuliah apa – berapa sks, berapa banyak mahasiswa bimbingan, membuat judul penelitian apa dan rencana publikasi dimana. Setelah dibuat FRKD maka di akhir semester masing-masing dosen membuat progres pencapainya dari rencana awal sudah berapa persen yang sudah berhasil dicapai. {Written by Nugroho Hardiyanto)