How To Make Coffee

0
1,232 views
How To Make Coffee

Ga pernah bosen kalo disuruh bahas tentang si hitam (re: kopi) yg banyak penggemarnya ini. Dari mulai tempat nongkrongnya yang makin menjamur di kota bandung, manfaatnya buat kesehatan dan masih banyak lainnya lagi. Sekarang aku mau bahas tentang alat2 yang digunakan para barista (sebutan untuk pembuat kopi di restoran atau cafe) untuk mengolah si kopi ini sehingga menjadi minuman2 yg beraneka ragam.

Pada dasarnya kopi yang sering kita temui di banyak cafe dan restoran2 di ibukota bentuknya sudah banyak di variasikan. Muali dari dibuat cappuccino, dibuat latte atau dibuat Americano. Tapi banyak juga coffee shop yang mengolah sendiri dari mulai biji kopi yang di panggang atau disebut dgn istilah roasting, menggiling dan sampai ke proses akhir penyeduhan kopi.

Ada sekitar 10 teknik menyeduh kopi yang sering digunakan para barista, tapi ada beberapa yg paling sering digunakan yuk kita bahas satu2.

1.Espresso

Espresso

Kalau kita sering mampir ke cafe2 mungkin udh ga aneh lg liat mesin satu ini, mesin pembuat kopi yang sangat canggih dan paling popular di dunia. Meskipun begitu, racikan dari tangan2 barista handal teteap mempengaruhi rasa kopi yang dibuat loh.

Mesin espresso ada 2 jenis : manual dan otomatis. Mesin ini adalah salah satu mesin paling canggih dalam dunia perkopian, jadiii jangan heran kalau harga mesin espresso otomatis? ini bisa mencapai puluhan bakal ratusan juta.

Mesin Espresso otomatis mini
Mesin Espresso otomatis mini
Espresso manual
Espresso manual

Yang manual pun ga kalah bekennya, dengan harga yang lebih murah dari mesin espresso otomatis, mesin satu ini juga jadi favorit para barista yang baru akan belajar mecarik kopi. Penggunaannya cukup mudah dan hemat energi karena tidak perlu menggunakan tenaga listrik.

 

2.Drip Method (KopiTetes)

Drip Method
Drip Method

Metode ini disebut juga Filter Method. Sesuai dengan namanya metode ini dilakukan dengan cara menyaring kopi tetes hingga tetes dan ditampung di dalam gelas atau cangkir yg sudah diisi susu kental manis. alat drip sangat mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau.

 

 

 

Plunger
Plunger

3.Plunger (French Press)

Nah, metode yang satu ini pasti udah sering banget kamu temui di kedai-kedai kopi. French Press mempunyai nama lain Plunger atau Cafetiere. Metode French Press mengekstrak paling banyak cita rasa yang terdapat di dalam kopi bubuk dan metode ini merupakan cara kedua yang paling populer. Harga alatnya juga terjangkau dan dapat diperoleh di mana-mana. Coba deh beli biji kopi favorit kamu di kedai kopi, terus bikin kopi sendiri pake metode French Press di rumah.

Single Serve Coffee Machine4.Single Serve Coffee Machine

Akhir – akhir ini banyak perusahaan kopi yang membuat alat satuini, alat ini merupakan satu dari sekian banyak teknologi super canggih dalam membuat kopi. Kita gak perlu lagi menakar kopi bubuk karena kopi bubuknya sudah dikemas langsung dan kita tinggal masukan kedalam mesin ini. Warna dan bentuk dari mesin ini pun beraneka ragam, lucu dan unik adalah kata2 yang pasti terbersit dari kalian ketika melihat si mesin canggih ini.

Kita udah tau nii cara2 nyeduh kopi, ga ada salahnya juga buat bahas kandungan apa aja sih yang ada didalam kopi apakah berbahaya? atau malah bermanfaat bagi tubuh kita? Simak yu ulasannya.

1.Kafein

Kafein ditemukan didalam beberapa biji daun dan buahdari beberapa tanaman, kopiadalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan kafein ?yang? ?paling ?sering ?dinikmati ?oleh manusia.Kafein bermanfaat sebagai penambah energy dan membuah tubuh menjadi segar dan tidak mengantuk. Kafein diklasifikasikan sebagal drug dan diakui aman dalam dosis tertentu, melebihidosis yang ditentukan akan menyebabkan ketergantungan, dalam konsumsi yang sudah menahun kafein dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti kanker dan masalah gangguan tidur.

2.Air

Air atau H20 adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kopi, kandungan kimiawi kopi yang satu ini adalah bagian yang penting bagi tubuh, karena 70% tubuh adalah air dan meskipun kandungan air didalam kopi terkadang tidak digunakan (dilakukan pengeringan pada biji kopi) namun kandungan air didalam kopi adalah bagian darisenyawa kimiawi kopi.

3.Ethyphenol

Zat yang satu ini mungkin ?asing ?bagi kita, namun zat ini seperti adalah aroma khusus pada kopi, zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheromone.

4.Quinic Acid

Rasa asam pada kopi ditentukan pada jumlah zat yang satu ini, kadar quinic acid pada kopi terkadang jumlahnya berbeda-beda, zat ini digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai bahan pembuatan obat flu.

5.Dicaffeoylquinic Acid

Zat ini adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Meskipun kadar antioksidan didalam biji kopi tidak sebanyak tumbuhan obat lain, namun kopi adalah salah satu suplayer antioksi dan paling banyak dikonsumsi didunia.

6.Dimethyl Disulfide

Pada biji kopi yang masih hijau atau belum dikeringkan dan di sangrai, kandungan senyawa ini termasuk senyawa yang banyak, zat inilah yang membuat kotoran manusia berbau, mirip dengan senyawa sulfur.

8.Putrescine

Zat yang dihasilkan oleh bakteri E.coli ini adalah bakteri yang membuat sesuatu menjadi busuk, zat ini adalah hasil dari pembusukan dari bakteri tersebut.

9.Trigonelline

Zat yang satu ini adalah zat yang dapat melindungi gigi, meski kadang seorang peminum kopi agak hitam gigi nya, namun zat ini yang membuat gigi peminum tidak gampang berlubang

10.Niacin

Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin sangat ?dibutuhkan tubuh untuk proses-proses yang ada didalam tubuh, oleh karenanya meminum kopi hanya di anjurkan paling banyak 2-3 kali sehari.(sumber : wordpress.com)

Jadi selain kita tahu cara membuat kopi dengan berbagai metode yang ada, kita juga tahu apa aja sih yang terkandung dalam secangkirkopiyangkita minum.

Kopi memang ga bisa lepas dari kehidupan sehari2 kita, tapi disarankan untuk tidak berlebihan meminumnya. Selain bisa menimbulkan masalah lambung , bisa juge mnimbulkankeborosan dompet kita,heheheh.. .

Semoga terhibur dengan artikel kali ini yaaa. See you on my next artikel… .

How To Make Coffee 8