KOPI SUSU si manis yang jadi trend ngopi 2017

0
1,628 views
KOPI SUSU si manis yang jadi trend ngopi 2017

Kalo denger kata kopi susu pasti yg terlintas kopi sachet yang suka dijual di warung kan pastinya. Tapi sekarang si kopi susu sudah sedikit naek kelas jadi minuman paling favorite di beberapa coffee shop di tanah air.

Adalah TOKO KOPI TUKU, sebuah kedai kopi kecil yang memulai bisnisnya tahun 2015 terletak di Jalan Cipete Raya No.7, Jakarta Selatan yang sempat viral karena kedatangan Presiden Jokowi. Sebelum viral karena kedatangan Bapak Presiden, Kopi Tuku sudah menjual 300 – 500 cup kopi perhari.

Sang Founder Andanu Prasetyo mengatakan dengan hadirnya Kopi Tuku di sekitar pemukiman masyarakat, Tyo berharap akan terbentuk sebuah rutinitas dan kultur baru dalam menikmati kopi bukan hanya ikut-ikutan trend (Lifestyle). Tyo juga ingin menyesuaikan cita rasa kopi masyarakat Indonesia yang masih menyukai Kopi Manis.

Founder KOPI TUKU
Founder KOPI TUKU : Andanu Prasetyo

Adalah KOPI SUSU TETANGGA hasil ramuan sang founder yang membuat kopi tuku ini semakin naik daun. Dengan harga Rp.18.000 untuk segelas kopi susu dingin atau panas, masyarakat sangat menyambut baik kehadiran KOPI SUSU TETANGGA ini. Ada yang beda dari kopi susu yang biasanya, gula yang digunakan adalah gula aren atau gula merah, sehingga bisa dibilang Kopi susu ini adalah minuman sehat yang rendah kalori.

Toko Kopi Tuku
Kopi Susu Tetangga
Toko Kopi Tuku 2
antrian di Toko Kopi Tuku Cipete, Jakarta Selatan

Saya menyempatkan diri beberapa kali datang kesana, untuk membuktikan fenomena antrian ini dan memang benar adanya. Para driver Go-Food dan beberapa pelanggan setia antri dengan sabar untuk mendapatkan segelas KOPI SUSU TETANGGA.

Sang pengelola memang sengaja mendesain tokonya seminimalis mungkin, hanya terdapat beberapa kursi yang biasanya digunakan untuk menunggu antrian. Marketing kopi tuku mengatakan, bahwa konsep Toko mereka adalah bukan untuk nongkrong tapi benar-benar membeli kopi untuk dibawa pulang. Sesuai dengan visi sang Founder yang sudah saya utarakan diatas.

Kebiasaan seperti ini di Luar Negeri sudah menjadi sebuah kultur, maka dari itu Masyarakat Jakarta sangat menerima kehadiran Toko Kopi Tuku ini dengan sangat baik. Dilihat dari kehidupan orang-orang di Jakarta yang sangat padat dan sangat tinggi angka stressnya, kopi adalah satu minuman yang cocok untuk memulai aktivitas.

Kesuksesan Toko Kopi Tuku tidak bisa dipandang sebelah mata, energi positif yang disebarkan sang pemilik ternyata berbuah manis. Alih alih Minuman Kekinian di Jakarta sendiri mulai banyak bermunculan Kopi Susu kekinian.

Kota Bandung

Seolah tidak mau kalah, Kota Bandung yang secara Geografis letaknya tidak jauh dari Jakarta mulai mengikuti Trend Kopi susu Kekinian ini. Saya yang termasuk penikmat kopi, sudah mencoba beberapa Kopi Susu Kekinian yang ada di kota Bandung.? Yuk kita bahas reviewnya ^_^

  1. Poffstory, Jalan Wayang No.2, Bandung.
    Poffstory
    Kedai kopi yang satu ini baru berdiri sekitar 1 tahun lalu di Bandung, namun Poffstory sudah bisa dibilang Tukunya Bandung dari segi rasa kopi susu ini memang agak mirip dengan Kopi Susu Tetangga Milik Toko Kopi Tuku, dari segi harga Kopi susu Poffstory ini seharga Rp.18.000 alias sama dengan tuku. Alih-alih mengikuti trend dengan menghadirkan Kopi susu kekinian, Poffstory malah meraup untung yang cukup baik. Bisa dibilang Poffstory adalah salah satu pelopor Kopi Susu kekinian di Bandung.
  2. Buih Kopi, Jalan Guntur No.2, Bandung.Buih Kopi
    Tidak mau ketinggalan Buih kopi yang baru berdiri di pertengahan 2017, hadir dengan menu andalannya Ice Cofee Buih dan ice coffee buih dark cocoa. Dengan cita rasa yang berbeda Buih Kopi hadir ditengah-tengah masyarakat Bandung untuk menghadirkan warna baru Kopi susu. Tidak mau kalah dengan Toko Kopi Tuku Buih Kopi banyak diserbu penggemar Kopi, khususnya Kopi manis. Rp.18.000,- Per cup.
  3. Kozi Lab Coffee, Jalan Gudang Selatan No.22, Bandung.
    Kold Brown, Rp.18.000 / cup
    Kozi Lab 1.0

    Kozi Lab memiliki 3 tempat di Bandung. Gerai pertamanya yaitu Kozi 1.0 yang terletak di Jl. Gudang Selatan No.22. Gerai keduanya yaitu Kozi 2.0 terletak di Jl Bukit Dago Utara II No.11. Dan Gerai ketiganya yaitu Kozi 3.0 berada 1 lokasi dengan Hotel Malaka yang terletak di Jl. Terusan Halimun No.50. Dengan menghadirkan Susana kopi di hangar/gudang, Kozi Lab 1.0 yang terletak di gudang selatan menghadirkan suasana yang berbeda dan unik.Menu andalan mereka yaitu Kopi susu Kekinian yang diberi nama Kold Brown sangat digemari bagi penikmat kopi yang tidak terlalu suka aroma dan rasa kopi yang terlalu kuat. Kold brown kalau menurut saya, campuran susunya lebih banyak dibandingkan kopinya. Jadi cukup aman untuk orang yg memiliki penyakit maag.

  4. Kopi Malaka (Baker Street Depan Gedung Sate), Jalan Cimandiri No.18, Bandung.
    Kopi Malaka
  5. Dreezel Coffee, Jalan Sunda No.61, Bandung. Coldbrew White, Rp.18.000 /cup.
    Dreezel Coffee
    Gak usah jauh-jauh untuk menikmati kopi susu kekinian, ternyata Bandung punya banyak, hehhehhe.Buat ngedapetin 1 cup kopi susu kekinian kita gak usah jauh-jauh ke storenya, cukup buka aplikasi Go-Food semua Es Kopi Susu yang saya sebutkan diatas bisa didapatkan dengan mudah

Sahabat komunita, Gak akan ada habisnya kalau kita membahas tentang kopi, next kita bahas tentang apa lagi?

Hmmmmm Will be soon so right? okey ^-^? (Astri.bude)

Penulis : Astriawati Jeinab,S.E

Sumber foto : google.com