Layanan Widyatama Business Incubator (WIBI)

0
565 views

Business Incubator (Seri 2)

Layanan

Widyatama Business Incubator (WIBI)

 


Keni Kaniawati

Pelayanan Widyatama Business Incubator yang akan diberikan kepada tenant meliputi : 1) Penyediaan ruang kerja tenant, ruang konsultasi; 2) Bimbingan dan konsultasi; 3) Pelatihan; 4) Akses pendanaan; 5) Penciptaan jaringan usaha dan kerjasama; 6) Sistem informasi dan jaringan internet yang memadai; 7) Tenaga mentor dan pendamping (pendampingan penelitian dan akses inovasi teknologi serta pendampingan uji coba produk); dan 8) Manajemen atas HAKI.

Salah satu program perdana dalam pengembangan kompetensi pengelola dan jejaring Widyatama Business Incubator yakni melakukan sharing session dengan unit sejenis di perguruan tinggi lain sebagai berikut.

  1. Inkubator Bisnis Politeknik Bandung

Pada bulan Januari 2020, WIBI melakukan session sharing dengan Ketua Inbis Polban dalam hal persiapan WIBI untuk memperoleh pendirian inkubator bisnis teknologi secara legal sesuai dengan ketentuan Kemenristekdikti PP RI No.27 Tahun 2013. Selain itu dibahas Business Model Canvas WIBI, rencana kerja, kapasitas serta kompetensi dan portofolio tenant.

  1. Bicube (Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung)

Bulan Februari 2020, WIBI kembali melakukan session sharing dengan Inbis STIA LAN Bandung yaitu BICUBE. Dengan Bicube , WIBI mempersiapkan beberapa dokumen untuk memperoleh keanggotan kepengurusan AIBI (Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia) dan dokumen yang harus dipersiapkan untuk memperoleh hibah bantuan pendirian dan pengembangan kelembagaan inkubator bisnis teknologi. Dimana bantuan hibah itu terdiri dari : hibah pendirian IBT dan hibah pengembangan IBT.

  1. Inkubator UNISBA

Bulan Februari 2020, WIBI melakukan session sharing dengan Inkubator bisnis Unisba mengenai persiapan kunjungan senior expert dari PUM Netherlands Mr. Ton Voortman, ke beberapa inkubator bisnis yang ada di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Inkubator bisnis Universitas Widyatama .(WIBI) menerima peluang kesempatan Mr.Ton Voortman untuk berkunjung ke WIBI.

  1. Senior Expert PUM Netherlands

Pada tanggal 26 Februari 2020 WIBI melakukan International Sharing Session dengan Senior Expert dari PUM Netherlands Mr.Ton Voortman. Kegiatan yang diselenggarakan di kampus Universitas Widyatama ini dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Perencanaan dan Kerjasama Universitas Widyatama, Prof. Dr. Mohd. Haizam Bin Mohd. Saudi dan didampingi oleh Ketua Prodi Pasca Sarjana Universitas Widyatama, Dr. Nurul Hermina bersama ketua WIBI, Keni Kaniawati SE.M.Si serta tim pengelola WIBI. Dalam international sharing session ini Prof Dr Haizam mengungkapkan kepada Mr.toon Voortman dan Agung Irianto (Sector Coordinator Incubator Business PUM Netherlans ), Univesrsitas Widyatama merupakan salah satu universitas swasta di Indonesia yang mempunyai komitmen pada pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa .Dengan didirikan inkubator bisnis Universitas Widyatama (WIBI) diharapkan mampu mengembangkan budaya kewirausahaan untuk mahasiswa dan menjadi pengusaha muda yang sukses dan mandiri. Mr.Ton Voortman menyampaikan program PUM Netherlands fokus membantu inkubator bisnis untuk menghasilkan entrepreneur yang mampu bisa mandiri dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. PUM netherlands juga fokus pada pengembangan inkubator bisnis karena merupakan sebuah organisasi independen yang mampu menghasilkan entrepreneur sekaligus pembisnis, selain itu juga membatu fenomena yang dihadapi inkubator bisnis. Adapun tahapan penembangan inkubator bisnis dimulai dari mindset pengelola, penguatan capacity building organisasi sampai pada pembinaan UMKM. Mr.Ton juga menawarkan kerjasama ke depannya dengan Widyatama Business Incubator dalam bentuk coaching, mentor, model pengembangan UMKM serta penguatan model bisnis. Dengan kerjasama ini akan lebih memberikan value yang optimal bagi kualitas pengelolaan inkubator bisnis di Universitas Widyatama.

  1. WIBI mengisi acara siaran di radio K-lite FM dan Star-Biz.

Pada tanggal 05 Juni 2020 WIBI diundang oleh Star-Biz dan radio K-Lite, dengan tema bangkitkan usaha UMKM dimasa Pandemi covid-19 . Pada kesempatan ini WIBI diberikan waktu untuk sharing session terkait masa pandemi covid-19 terhadap usaha UMKM khususnya starup. Disamping itu WIBI sambil mengsosialisasikan Widyatama Business Incubator pada semua pendengar K-Lite FM. Kedepan WIBI berharap bisa bekerja sama dengan peliputan baru tenant Widyatama Businness Incubator. (ed.-lee- 221020)