WISATA GARUT Kampung Sumber Alam Resort, Nan Menenangkan

0
3,691 views


WISATA GARUT

Kampung Sumber Alam Resort, Nan Menenangkan

Yanda Ramadana, 25 Agustus 2020

Kampung Sumber Alam Resort merupakan sebuah resort yang berada di kaki Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ini rencana liburan kami satu kantor mem- planning untuk refreshing bertepatan juga dengan merayakan ulang tahun salah satu rekan kerja kami yang dituakan di kantor yaitu Bpk Ashari, kita akan membuat acara dan surprise untuk beliau juga bertepatan dengan masa jabatan beliau yang telah selesai. Juga kita semua membuat susunan acara untuk meramaikan suasana dari jauh- jauh hari sebelum berangkat ke Kampung Sumber Alam Garut.

Kebetulan kita sudah booking dua bungalow untuk keluarga dan rekan- rekan kantor yang ada di Garut. Karena jadwal acara padat, maka dipastikan kita sudah booking dan survey dari beberapa hari sebelumnya. Alhamdulillah masih ada bungalow yang tersisa untuk rekan-rekan yang membawa anggota keluarga.

Keberadaan destinasi yang tepat di kaki gunung, menjadikan daerah Kampung Sumber Alam tak pernah kekeringan sepanjang tahun. Tahun 2019, kemarau datang lebih panjang daripada tahun sebelumnya. Kampung dan desa di Kabupaten Garut bahkan sebagian besar Pulau Jawa, kekeringan dan kekurangan air. Namun ternyata tidak demikian untuk Kampung Sumber Alam. Ketika di tempat lain kekeringan, air di sini tetap mengalir dengan deras dan hangat.

Kolam Renang dengan Latar Gunung Guntur

Suasana Kampung Sumber Alam Resort

Gemericik air dari talang-talang bambu yang mengalir ke kolam-kolam di Kampung Sumber Alam, seakan menjadi simfoni alami yang menenangkan hati. Air kolam yang bening melimpah ruah hingga meluap dan mengalir ke kolam-kolam lain yang berada di bawahnya. Vila-vila dan bungalow tampak seolah-olah mengambang di atas kolam. Terlihat anggun, artistik dan klasik dengan tiang-tiang kayu, dinding anyaman bambu serta atap dari ijuk berwarna hitam.

Suasana lobby yang luas dan bersih dengan sofa-sofa yang empuk menjadikan tamu yang baru datang bisa langsung beristirahat sambil melakukan proses check in. Lobby ini merupakan pintu gerbang menuju area lainnya di kawasan resort.

Saat beranjak dari lobby dan memasuki kawasan resort, para tamu langsung disuguhkan oleh pemandangan cantik dari Villa dan bungalow yang berjejer rapi di atas kolam. Di belakang tampak jelas pemandangan Gunung Guntur dengan permukaan gunungnya yang tanpa pepohonan. Sayangnya Gunung Guntur yang tadinya hijau telah berubah gundul karena menjadi tambang pasir dan batu.

 

Tipe-Tipe Villa dan Bungalow

Terdapat beberapa tipe Villa dan bungalow yang ada di Kampung Sumber Alam Resort diantaranya adalah Pondok Kelapa, Villa Kawung, Junior Suite, Bungalow Siceeh, Bungalow Arileu, Bungalow 1-14, Suite Arileu, Suite Room, Suite Couple, Deluxe Suit, Babakan Siluhur 1, Babakan Siluhur 2, Sibentang Villa 1 Bed dan Sibentang Villa 2 Bed.?
Rata-rata Villa seperti di Villa Kawung, Bungalow Siceeh, Bungalow Arileu dan Bungalow 1-14 memiliki luas 6 meter persegi dengan fasilitas seperti minibar, kulkas, televisi, dispenser, toiletries, shower dan hair dryer.

Review Kamar (Bungalow Siluhur 1 dan Siluhur 2)

Saya dan rekan kerja lainnya ditempatkan di Bungalow Siluhur 1. Siluhur dalam Bahasa Sunda artinya “paling atas/ tinggi”. Keunikan bangunan siluhur karena paling tinggi dan paling besar diantara bungalow lainnya dan juga paling lengkap fasilitas dalamnya. Bungalow ini tersedia 2 unit, masing-masing dengan ciri khasnya tersendiri. Sangat cocok ditempati oleh mereka yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak.

Bungalow Siluhur yang kami tempati mempunyai dua lantai. Di lantai pertama terdapat 2 kamar tidur, 1 toilet dan 1 kamar mandi sementara di lantai dua hanya terdapat 2 kamar tidur yang luas. Suasana kamar sebenarnya menyenangkan. Terutama karena desain bangunan yang terbuat dari bilik atau anyaman bambu. Bak mandi air panas yang cukup luas dan nyaman untuk berendam.

Di kamar tersedia televisi dengan saluran tv kabel, kulkas, dispenser sehingga kami bisa langsung menyeduh bandrek, teh atau kopi yang disediakan tanpa memasaknya terlebih dahulu. Saat pagi-pagi kami membuka jendela, bunga teratai di kolam yang terdapat di bawah bungalow sedang bermekaran. Indah dan terasa segar alami.

Pagi hari, kami makan di resto hotel lanjut dengan jalan- jalan ke daerah pengrajin kulit yaitu kawasan Sukaregang, kami semua belanja hasil kulit sapi/ domba seperti tas dan jaket juga dompet dan sepatu. Dilanjutkan setelah itu kami mampir untuk ngopi santai juga sekalian makan siang di restoran khas makanan sunda yang sangat enak dan nikmat.

 

 

 

 

 

 

Setelah jalan- jalan hari pertama kami juga menghabiskan waktu untuk jalan- jalan keliling Kota Garut untuk mencari balon dan perlengkapan ulang tahun karena malamnya ada acara surprise juga malam akrab rekan- rekan kerja, pemandangan sepanjang jalan menyuguhkan suasana taman, kolam-kolam teratai dan VillaVilla bambu yang menyejukkan mata sehingga perjalanan jauh pun tidak terasa, malam telah tiba dan saatnya kita berkumpul dalam acara karokean juga bagi- bagi hadiah dan tukar kado dengan rekan- rekan kerja lainnya.

Setelah itu saya dan rekan-rekan kerja langsung menuju pendopo untuk meramaikan acara malam itu, Pak Ashari pun terharu karena semua rekan- rekan mensupport jasa dan kinerja Pak Ashari juga milad beliau yang dirayakan bersama rekan kerja dan juga keluarga besar Pak Ashari.

 

Fasilitas Resort

Berbagai fasilitas bagi pengunjung tersedia di resort ini. Diantaranya seperti area parkir, resepsionis dan layanan kamar 24 jam, kafe, restoran dan wifi di tempat-tempat umum seperti lobby. Untuk pelayanan atau servis juga disediakan bellboy, laundry dan surat kabar yang mudah didapat.

Di kawasan resort terdapat taman, fasilitas SPA, kolam renang air panas, kolam renang anak-anak, wahana bermain, ruang meeting, dan fasilitas ATM yang sangat dekat dengan resort. Untuk sekedar menyepi dan mengasingkan diri dari hiruk-pikuk kota dan polusi udara kota besar, resort ini memang sangat cocok untuk me-refresh kembali badan dan pikiran. Begitu juga jika berharap pemandangan yang menenangkan hati, suasana tenang dengan nuansa taman yang hijau dan kolam- kolam yang biru, tempat ini bisa dijadikan rujukan. Namun jangan berharap terlalu tinggi untuk beberapa fasilitas kamar karena banyak yang perlu dibenahi dan diperbaiki. Mungkin karena resort ini sudah lama sehingga banyak hal yang harus diperbaharui dan dipugar agar lebih baik dan nyaman kembali.

Kampung Sumber Alam Resort

Alamat : Jalan Raya Cipanas No. 122, Cipanas, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44151
Telepon : 0262 – 238000/237700
WhatsApp : 081584807838
Email : reservation@resort-kampungsumberalam.com
Website : www.resort-kampungsumberalam.com
Check in: 14.00 WIB
Check out : 12:00 WIB

Happy holiday Gaiss.