Menjadi Digital Marketer Handal di Era Industrial 4.0 Astriawati Jaeinab, S.E.

0
488 views

 

Rasanya sering banget denger kata-kata Digital Marketer dan Era Industrial 4.0 mahluk seperti apa sih mereka itu Yuk kita kupas satu persatu. Era Industrial 4.0 yaitu perubahan pola kerja dimana manusia bersinggungan dengan teknologi dan mesin data. Perubahan pola struktur kerja yang mengoptimalka internet sebagai media kerja yang sering juga disebut dengan Internet of Things (IoT). Istilah “Industri 4.0” berasal dari sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih pemerintah Jerman yang mengutamakan komputerisasi pabrik.

Istilah “Industri 4.0” diangkat kembali di Hannover Fair tahun 2011. Pada Oktober 2012, Working Group on Industry 4.0 memaparkan rekomendasi pelaksanaan Industri 4.0 kepada pemerintah federal Jerman. Anggota kelompok kerja Industri 4.0 diakui sebagai bapak pendiri dan perintis Industri 4.0. (sumber : www.wikipedia.com) Lalu apa hubungannya Digital Marketer dengan Era industrial 4.0 ini.

Banyak hal yang saling berkaitan salah satunya adalah pemanfaatan Teknologi komputer dan internet, karena seorang digital marketer bergantung dengan 2 hal tersebut.

Seorang digital marketer mampu mempromosikan barang ataupun jasa yang akan mereka perkenalkan ke masyarakat luas menggunakan media social. Kesiapan masyakarat luas untuk menerima perubahan cara promosi atau penerimaan informasi malalui media digital ini merupakan sebuah peluang besar. Contohnya bagi para pencari kerja, kita tinggal masuk ke beberapa situs pen cari kerja (www. jobsdb.com)atau www.jobstreet.com) dan memasukan kata kunci pekerjaan yang kita inginkan.ga perlu lagi tuh ngubek2 koran Cuma buat liat iklan tentang lowongan kerjaan hehehhe. Semua diberikan kemudahan atas penggunaan internet, semua orang bisa menggunakan internet, yang dimana kita hanya tinggal membuka perangkat elektronik kita (smartphone atau komputer) dan masuk ke menu pencarian seperti google atau masuk ke media social seperti Instagram atau Twitter lalu Semua informasi yang ingin kita ketahui bisa kita dapatkan dengan waktu singkat. Bagaimana Cara Digital Marketer Bekerja .

Tidak dipungkiri lagi perkembangan duni digital semakin cepat dan pesat. Kita melihat banyak peluang didalamnya, dan disitulah seorang digital marketer mulai dibutuhkan.

Dan sekarang menjadi seorang digital mar keter adalah profesi yang cukup menguntungkan, selain kita tidak perlu memiliki ruang kerja khusus, kita tidak perlu memiliki modal yang besar untuk memulainya alias gratis. Prinsip utama seorang digital marketer yaitu bahwa perhatian pengunjung di jejaring media social.

1.Search Engine Optimitation (SEO)

SEO adalah mesin pencari, bisa dibilang merupakan sistem yang tidak dapat dipisahkan ketika membicarakan mengenai dunia internet. SEO digunakan untuk menjadikan situs atau website Anda ditemukan dalam halaman awal yang paling relevan pada hasil mesin pencari dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini didasarkan fakta bahwa 95% orang yang mencari di mesin pencari Google hanya mengunjungi website yang muncul pada halaman pertama. Jikawebsite Anda belum mampu masuk dalam halaman pertama, cara yang diterapkan belum optimal dan harus kembali dievaluasi. Metode SEO bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang, bisa juga menjadi bagian proses branding dan promosi. Dalam metode ini adanya riset terhadap kata kunci yang disesuaikan kebutuhan pasar sangatlah penting.

2. Social Media Marketing (SMM)

Bagi sebagian besar orang awam, mungkin media sosial tidak lebih dari cara untuk menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekatnya. Akan tetapi bisa menjadi hal lain misalnya untuk bisnis, media sosial menjadi strategi untuk berkaitan dengan SEO dan konten secara beriringan. Media sosial seperti Twitter, Instagram, Google+, hingga Facebook memungkinkan khalayak untuk berbagi konten berharga dengan orang lain di dalam jaringan mereka. SMM merupakan salah satu cara promosi yang langsung tertarget sekaligus interaktif, apabila dilakukan dengan tepat maka bisa langsung meningkatkan penjualan dan keuntungan.

3. Content Marketing Konsep

content marketing sebenarnya suatu konsep yang sudah cukup lama diterapkan. Metodecontent marketing dibutuhkan untuk membantu membangun brand dan kepercayaan terhadap bisnis atau perusahaan Anda. Riset menunjukkan 6 dari 10 konsumen mengakui bahwa setelah membaca publikasi konten, mereka merasa lebih percaya terhadap suatu perusahaan. Akan lebih baik lagi jika ada variasi dan penyesuaian terhadap kebutuhan khalayak sasaran Anda supaya lajutraffic besar dan mampu membawapeningkatan signifikan. ( sumber : http://www.brightstars.co.id).

Tips untuk jadi Digital Marketer yang handal di era yg serba cepat.

1.Market Research

Dunia berkembang semakin cepat jika kita ga bisa mengimbanginya dijamin bakal ketinggalan deh. Apalagi dalam hal Konsumsi masyarakat dan kebiasan mereka akhir2 ini yang lebih sering bersinggungan dengan internet.

Sebagai digital marketer kita harus aktif di media social, adaptable dengan perkembangan teknologi karena menurut Apjii (Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia) Hasil survei yang berkerja sama dengan Teknopreneur itu menyebutkan, penetrasi pengguna internet di Indonesia meningkat menjadi 143,26 juta jiwa atau setara 54,7 persen dari total populasi republik ini. Pada survei serupa 2016 ke 2017″, ujar Henry K Soemartono, Sekretaris Jendral APJII, saat memaparkan hasil survei tersebut di Jakarta.

2. Kemapuan Visualisai Data yang baik.

Seorang digital marketer harus bisa memiliki skil analisa data yang baik. Hal ini dibutuhkan untuk menganalisa setiap kegiatan yang akan dilakukan atau bahkan sesudah dilakukan. Agar bisa menilai sebaik atau se efektif apakah hasil kinerja mereka selama ini , dan kemudian menetapkan langkah berikutnya agar penjualan online mereka semakin meningkat.

3. Membangun Relasi yang Baik dengan Relasi.

Dalam dunia bisnis terlebih lagi bisnis online sagat penting memiliki relasi yang banyak, karena kita bisa saling mendukung dalam hal promosi di jejaring social. Misalnya saja dari 1 relasi yg kita miliki dengan followers sekitar 500 orang di jejaring sosialnya itu berarti ada 500 org yg melihat produk yang kita jual. Jika dikalikan 3 relasi yg memposting Iklan kita di jejaring sosialnya berarti ada 1.500 followers yg melihat tautuaniklah kita.

4. Technicall Skill.

Technical skill yang saya sebutkan disini yaitu teknik menggunakan computer dan perangkat lainnya yg terkait (dalam hal ini jejaring media social). Akan sangat kesulitan jika seorang digital marketer tidak fasih me nggu nakan apl i kasi yang sangat berkesinambungan seperti video maker, photo editor dan lain sebaginya. Ikaln yang akan kita promosikan pastinya memerlukan tampilan yang baik dan menarik agar orang mudah tertarik dan mudah menerima informasi.