PERUSAHAAN-PERUSAHAAN CERDAS Menjaga Keberlanjutan diri (Sustainability)

0
600 views
PERUSAHAAN-PERUSAHAAN CERDAS Menjaga Keberlanjutan diri (Sustainability)

Sejauhmana Indonesia sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang kaya, termasuk perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya memikirkan tindakan-tindakan yang bernilai bagi keberlanjutan bangsa ini, generasi mendatang, serta perusahaan iitu sendiri Mungkin kita perlu menyimak apa yang dilakukan perusahaan-perusahaan cerdas berskala dunia dalam menjaga keberlanjutannya. Memang sebagian besar perusahaan-perusahaan mungkin saja tertidur saat terjadi perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya. Tetapi, sebagian perusahaan-perusahaan terbaik di kelasnya justru memilih bangun dan menyadarkan diri untuk melakukan sesuatu tindakan.

Sebuah laporan lembaga non-profit – Ceres yang berfokus pada bisnis berkelanjutan menyoroti beberapa perusahaan yang layak mendapat pujian. Ceres mengatakan sejumlah kecil perusahaan diantaranya memulai pengembangan manajemen Penelitian terbaru menunjukkan bahwa “perusahaan dengan sistem akuntabilitas yang kuat (meliputi : sistem pengawasan, kebijakan yang jelas tentang hak asasi manusia dan pengelolaan lingkungan, keterlibatan aktif pemangku kepentingan) dalam banyak kasus juga memiliki perhatian yang kuat pada emisi gas rumah kaca, penggunaan energi terbarukan, bekerja kuat dengan pemasok untuk mengendalikan sebaik-baiknya keberlanjutan produk dan jasa “.

Beberapa perusahaan yang dinilai Ceres memberi perhatian terhadap hal tersebut adalah :

Kepemimpinan Dewan: Alcoa

Seperlima dari uang kompensasi eksekutif diberikan untuk keselamatan, keragaman dan kepedulian terhadap lingkungan, yang meliputi pengurangan emisi gas rumah kaca (GHG) dan efisiensi energi.

Keterlibatan Stakeholder: PepsiCo

Perusahaan makanan dan minuman menyajikan keberlanjutan strategi dan tujuan perusahaan selama pertemuan pemegang saham tahunan serta mengidentifikasi dan mengungkapkan perubahan iklim, kelangkaan air dan masalah kesehatan masyarakat sebagai tantangan utama keberlanjutan perusahaan dalam pengajuan keuangan tahunan mereka.

Keterlibatan Karyawan: General Electric

GE menggunakan departemen sumber daya manusia untuk mengintegrasikan keberlanjutan perusahaan ke dalam ?budaya perusahaan, mulai dari praktik perekrutan dan pelatihan bagi program kesejahteraan karyawan.

Pengelolaan air: Coca-Cola

Perusahaan minuman tersebut telah meningkatkan efisiensi penggunaan air sebesar 20% dan mengidentifikasi kebutuhan untuk evaluasi pihak ketiga yang ketat melalui pendekatan manajemen airnya.

Manajemen rantai pasokan: Ford Motor Company

Perusahaan mobil tersebut telah membentuk persyaratan bagi pemasok lapis pertama untuk mendorong harapan lingkungan dan sosialnya agar lebih jauh mendalami rantai pasokan dan bekerja dengan pemasok untuk membangun penurunan emisi gas rumah kaca (GHG) dan target efisiensi energi.

Inovasi: Nike

Perusahaan sepatu multinasional mengintegrasikan desain yang berkelanjutan di seluruh portofolio produk dan menciptakan aplikasi pembuatan tahun 2013, yang memungkinkan data dalam indeks bahan keberlanjutan untuk publik. Hal ini memungkinkan desainer dari seluruh industri dan di luar membuat keputusan desain yang lebih berkelanjutan, dan pada akhirnya, memberi dampak biaya lebih rendah pada produk.

Akuntabilitas manajemen: Xilem

Perusahaan global penyedia teknologi air memiliki sebuah komite pengarah dan komite risiko perusahaan berkelanjutan. Ini mengidentifikasi eksekutif senior yang bertanggung jawab atas kinerja berkelanjutan.

Kompensasi eksekutif: Exelon

Produsen energi ini telah memperkenalkan skema berbagi kinerja jangka panjang yang inovatif yang memberikan penghargaan eksekutif untuk memenuhi tujuan kinerja non-keuangan, termasuk target keselamatan, target pengurangan emisi gas rumah kaca (GHG) dan tujuan melibatkan para pemangku kepentingan untuk membantu membentuk posisi kebijakan publik perusahaan.

Keanekaragaman hayati: PG & E

Kebijakan utilitas lingkungan perusahaan secara eksplisit merujuk perlindungan habitat dan spesies, dan perusahaan ini melaporkan kepada publik temuan rinci tentang upayanya.

Dialog Investor: Starbucks

Pada 2013 pertemuan pemegang saham perusahaan kopi, CEO Howard Schultz menjelaskan upaya perusahaan untuk terlibat dengan pemasok dan komunitas lokal di mana mereka beroperasi, mempercepat investasi dalam pertanian berkelanjutan dan mencapai tujuan Starbucks ‘ menggunakan 100% sumber biji kopi tersebut secara etis pada tahun 2015.

Pengungkapan: Brown-Forman

Distributor utama anggur dan spirit menggunakan bahan-bahan yang baik iklim sensitif dan air yang intensif. Hal itu dilakukan dalam pengajuan 10-K dengan Securities and Exchange Commission. Hal ini menunjukkan bahwa melihat keberlanjutan sebagai cara untuk membangun hubungan konsumen dan merek abadi. Ini mengutip perubahan iklim, kelangkaan air dan kualitas air sebagai risiko bisnis yang signifikan.

Pengurangan emisi gas rumah kaca: Adobe

Perusahaan perangkat lunak ini bertujuan mencapai pengurangan 75 %, dari 2000 tingkat, dalam emisi perusahaan pada tahun 2015. Hal ini dilakukan dengan menggunakan teknologi energi terbarukan, termasuk sel bahan bakar hidrogen dan array surya, dan juga difokuskan pada pengurangan kebutuhan energi dengan meningkatkan efisiensi pendinginan pusat data dan “virtualising” banyak sistemnya, platform dan perangkat.

Bangunan dan fasilitas: Bank of America

Perusahaan keuangan telah berkomitmen untuk meningkatkan portofolio Kepemimpinan Energi dan Lingkungan Desain (LEED) bangunan bersertifikat. Pada akhir 2012, 15% dari total luas telah bersertifikat, dengan rencana untuk meningkatkan ke urutan kelima pada 2015.

HAM: Johnson & Johnson

Produsen barang-barang farmasi dan konsumen memiliki kebijakan rinci yang menggabungkan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR), Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik dan Kovenan Internasional tentang Ekonomi, Sosial dan Budaya. Penerapan prinsip-prinsip ini tidak hanya dalam operasi di luar negeri dan rantai pasokan, tetapi juga untuk semua tempat kerja mereka.

Pertanian berkelanjutan: General Mills

Perusahaan makanan tersebut baru-baru ini merilis satu set komitmen berkelanjutan sumber yang diawali dengan melakukan proses penilaian risiko yang kuat dalam kemitraan dengan pihak ketiga. Pendekatan ini menyebabkan perusahaan memprioritaskan sepuluh komoditas, termasuk gandum, gandum dan jagung, bahwa mereka merencanakan bagi berkelanjutan sumber.

Transportasi: Walmart

Raksasa ritel ini berkomitmen untuk menggandakan efisiensi armada truk di Amerika Serikat pada tahun 2015. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan menggantikan hampir dua pertiga dari armada dengan truk yang lebih efisien bahan bakar, termasuk hibrida. Perusahaan ini juga bekerjasama dengan produsen truk dan komponen untuk membangun prototipe traktor hemat energy.

Desain: Dell

Perusahaan komputer ini mengintegrasikan alternatif, daur ulang dan bahan daur ulang dalam produk dan kemasan desain, perbaikan dalam efisiensi energi, dan desain untuk end-of-life dan daur ulang. Salah satu komitmen perusahaan ini adalah untuk mengurangi intensitas energi portofolio produknya pada 80% di tahun 2020.

Investasi di produk dan jasa yang berkelanjutan: Procter and Gamble

Perusahaan barang konsumen multinasional ini melaporkaan bahwa ia telah menjual $ 52bn “produk inovasi yang berkelanjutan” antara 2007 dan 2012, terhitung sekitar 11% dari total penjualan kumulatif perusahaan selama periode tersebut. Ini adalah produk yang memberikan pengurangan yang lebih besar 10% dari versi sebelumnya atau alternatif dalam satu atau lebih dari hal berikut: penggunaan energi, penggunaan air, transportasi, bahan yang digunakan dalam kemasan, dan penggunaan energi terbarukan atau bahan. www.theguardian.com/Bestpracticesinsustainanbility

PERUSAHAAN-PERUSAHAAN CERDAS Menjaga Keberlanjutan diri (Sustainability)