Asuhan : Dr Meriza Hendri, SIp, MM
Siti Fauzia, Memilih Jadi Petani Milenial
Alumnus Prodi Bahasa Inggris dan MM Universitas Widyatama
Berbisnis Strawberry dengan nama My Berry Farm adalah pilihan bisnis salah seorang alumni Universitas Widyatama Bandung yaitu Siti Fauzia yang merupakan alumni program studi Bahasa Inggris dan Magister Manajemen Universitas Widyatama. Agri bisnis yang ditekuni ini sudah dijalankan sejak bulan November 2020, ketika Siti Fauzia atau yang biasa dipanggil Zia melanjutkan kuliah di Magister Manajemen UTama. Bahkan sampai tugas akhirnya pun dalam bentuk Business Plan untuk bisnis Strawberry karena baginya, bisnis selama ini masih dalam bentuk bisnis awal dan belum di buat perencanaan bisnisnya.
Menarik sekali ketika Zia menceritakan bagaimana dirinya menjadi petani milenial dengan memulai My Berry Farm ini karena ada fenomena yang menarik ketika masyarakat membeli Strawberry. “Masyarakat membutuhkan strawberry premium, akan tetapi harganya relatif mahal” kata Zia. Hal ini menjadi peluang dimana Zia menganggap ini sebagai masalah yang dihadapi masyarakat dan harus diselesaikan sebagai solusi dalam bentuk produk.
“Solusi yang ditawarkan oleh Zia adalah menyediakan strawberry premium yaitu strawberry mencir yang dihasilkan bersama petani di Ciwidey” tambah Zia sembari memperlihatkan Strawberry Mencir. Produk premium ini dijual kurang lebih sepertiga dari harga strawberry premium yang diimpor. Tentu hal ini menjadi keunggulan bersaing yang ditawarkan kepada konsumen. Perlu diketahui, harga strawberry premium disekitar Rp. 180.000 an sementara Strawberry Mencir yang dijual oleh Zia diharga Rp. 60.000 an.
Ada yang menarik ketika bicara tentang bisnis yang dijalankan oleh Zia yaitu bagaimana Zia mengembangkan kompetensi manajemen khususnya manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia serta manajemen stratejik agar bisnis yang dijalankan Zia bisa terus tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang. Kuliah di Magister Manajemen menjadi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi tersebut.
“Berbagai materi yang didapat selama kuliah, dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha My Berry Farm” tambah Zia yang diperlihatkan dalam bentuk Business Plan yang juga menjadi tugas akhir di kuliah MM UTama. Konsep dan teori yang didapatkan selama kuliah sangat berarti bagi Zia untuk membuat keputusan bisnis
Cara lainnya untuk menumbuhkembangkan My Berry Farm, Zia memanfaatkan teknologi informasi khususnya Digital Marketing. Hal ini menjadi salah satu keunggulan My Berry Farm yang proses bisnisnya mulai dari supplier, input, process, output sampai customer (SIPOC) bisa menyampaikan Strawberry Mencir bisa sampai ditangan konsumen yang tidak hanya di kota Bandung, akan tetapi sudah bisa merambah pasar di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa.
Digitalisasi bisnis lainnya adalah Zia memanfaatkan teknologi informasi untuk pengelolaan keuangan dan akuntansi dengan memanfaatkan aplikasi. Demikian juga dengan pemanfaatkan teknologi dalam aktivitas pertanian bersama petani yang menjadi inti dan plasma dalam pengembangan Strawberry Mencir yang menjadi produk unggulan My Berry Fam.
Hal yang menarik lainnya dari aktivitas bisnis My Berry Farm dengan memanfaatkan ilmu bisnis dan manajemen adalah inovasi yang dijalankan oleh Zia, mulai dari inovasi di pemasaran, inovasi di keuangan, inovasi di operasi dan bahkan inovasi dalam sumber daya manusia. “Kunci utama dalam mengembangkan bisnis My Berry Farm yang saya dapatkan di kuliah MM UTama adalah strategi inovasi yang harus saya terapkan dalam bisnis ini” kata Zia.
Kedepannya, Zia memiliki fokus pada pengembangan My Berry Farm agar bisa memberikan manfaat bagi para petani dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Tentu, yang paling penting adalah kepuasan konsumen My Berry Farm sehingga permasalahan untuk mendapatkan strawberry premium dengan harga bersaing dapat tercapai.
Bagi sahabat-sahabat yang ingin mendapatkan Strawberry Mencir, dapat melihat di instagram @myberryfam dan juga menghubungi Siti Fauzia di 0816-4875-117