Kewirausahaan Sangat Diperlukan

0
391 views

Januar P. Ruswita (Yepi)
Direktur Bisnis Pikiran Rakyat

Tingkat pengangguran masyarakat menjadi salah satu indikator, suatu negara maju atau tidak. Negara dipandang maju jika sebagian besar masyarakatnya rnemiliki pekejaan yang baik. Artinya bila pengangguran kecil prosentasinya berarti negara tersebut memiliki tingkat kemajuan yang baik (Yusuf Kalla – 2019). Indonesia dihadapkan pada tingkat pengangguran yang masih tinggi, yakni berada pada titik 5.3 %.Mengatasi pengangguran menjadi semakin mendesak, ketika era Industri 4.0 semakin nyata dan membutuhkan keterampilan-keterampilan baru para pekerja, sekaligus hilangnya jenis-jenis pekerjaan tertentu. Untuk mengurangi angka pengangguran di atas diperlukan pula pengembangan kewirausahaan yang harus diperluas.

Kewirausahaan merupakan proses dalam mengidentiflkasl berbagai peluang dan gagasan yang bersifat kreatif & inovatif melalui cara yang baik dalam menjalankan suatu bisnis. Menggali hal-hal berkait dengan kewirausahaan, Komunita berbincang-bincang dengan Direktur Bsnis Pikiran Rakyat, Januar Y. Ruswita, yang juga Wakil Ketua Kadin Jawa Barat.

Komunita : Bagaimana memaknai suatu konsep “Kewirausahaan” dari sisi bakat dan potensi yang dimilki masing-masing orang ?

Yepi : Potensi yang terbesar seorang wirausaha adalah memiliki sikap mental yang unggul dan mandiri. Tentu hal ini sangat terkait erat dengan karakter kepribadian seseorang. Secara kodrati, masing -masing orang diciptakan oleh Tuhan dengan kepribadian sendiri-sendiri. Tidak ada satu orang pun yang memiliki kepribadian yang sama, karena itu adalah Sunatullah. Seseorang yang mempunyai kepribadian yang kuat, dia akan menjadi dirinya sendiri, karena memiliki kemampuan kemandirian, tanggung jawab, kepercayaan diri yang kuat, optimis, berpikir positif, kreatif, inovatif dan cerdas. Dengan demikian orang tersebut mampu memImpin dirinya sendiri, atau mempunyai kepercayaan diri yang baik, sehingga faktor eksternaI hanya bersifat komplementer saja.

Orang-orang yang berkarakter mandiri Inilah yang bisa sukses menjadi wirausaha, dan akan menjadi manusia yang berhasil. Jadi Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang uniuk rnemperbalki kehidupan usaha bisa juga diikatan sebagai segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Komunita : Jumlah wirausaha (entrepreneur) di Indonesia masih tergolong rendah bila dibandingkan Malaysia dan Thailand. Survei Bank Dunia tahun 2008, jumlah wirausaha Indonesia hanya 1,5% dari total penduduk. Sementara Malaysia sudah mencapai 4% dan Thailand 4,1 %. Upaya mendukung program Indonesia dalam mengembangkan kualitas dan kuantitas wirausaha di Indonesia ?

Yepi : Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2016 dengan jumlah penduduk 252 iota, jumlah wirausaha non pertanian yang menetap mencapai 7,8 juta orang atau 3,1 persen. Dengan demikian tingkat kewirausahaan Indonesia sesungguhnya telah melampaui 2 persen dari populasi penduduk, sebagai syarat minimal suatu masyarakat akan sejahtera.

Bertumbuhnya wirausaha tak lepas dari peran masyarakat bersama pemerintah yang terus mendorong, juga swasta dan kalangan mahasiswa atau kampus. Sebagai gambaran saat ini bertumbuh peminat wirausaha untuk memanfaatkan skim kredit murah seperti kredit usaha rakyat (KUR) dengan suku bunga 9 persen, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dengan suku bunga 0,2- 0,3 persen perbulan, maupun yang sekarang baru diluncurkan kredit ultra mikro dengan maksimum pinjaman Rp.10 juta. Pengusaha muda juga didorong menjadi social entrepreneur, yang tidak mengejar keuntungan semata namun juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Komunita : Program kegiatan apa saja yang telah dan akan dilakukan oleh institusi dalam menunjang keberhasilan mutu para wirausahawan di Indonesia ? Apakah turut berkolaborasi dengan pemerintah maupun beberapa perguruan tinggi

Yepi : Seorang wirausaha juga harus mempunyai ambisi yang baik. Sedangkan ambisi yang buruk adalah target waktu yang kurang reaistis atau ingin cepat (instan), sehingga cenderung menghalalkan segala cara, yang penting mencapai target. Dengan ambisi yang tepat maka anda mempunyai semangat dan keinginan yang kuat untuk mewujudkannya. Program pendidikan dan pelatihan dengan sistem yang sistematis dan terarah. Pelatihan dilakukan oleh lembaga teknis pelatihan yang dilakukan untuk anggota, pengurus, pengawas serta pengelola (manalemen). Tuition Bari setiap pelatihan diharapkan meningkatkan kapasitas insan untuk lebih produktif mengembangkan kemampuan berusaha sebagai entrepreneur.

Komunita : Secara umum hambatan apa yang dialami oleh berbagai kalangan wirausahawan di Indonesia baik yang lama maupun yang baru merintis ?

Yepi : Hambatan pengembangan usaha bagi wirausaha di negara kita cukup banyak, mulai dari kebijakan yang kurang memihak, perijinan usaha yang berbelit dan mahal serta pembatasan lainya, akses permodalan, akses pemasaran, akses teknologi serta lingkungan bisnis yang sangat liberal kapitalistik, dimana persaingan sempurna terjadi dan mekanisme pasar memberikan kemudahan bagi pemilik mod& untuk melakukan monopoli untuk memenangkan persaingan. Itulah kondisi hambatan yang menyulitkan berusaha di negara kita.

Komunita :Bagaimana peran dan solusi yang ditawarkan oleh institusi dalam membantu para wirausahawan untuk terus berkembang meningkatkan usahanya ?

Yepi : Untuk meningkatkan serta membantu wirausaha agar usahanya meningkat yaitu :
1 ) pelaku usaha ha rus memperkuat mental berusaha dan mengembangkan kreatifitas serta inovasi berusaha,
2) terus berusaha dan meningkatkan kapasitas diri dan pengelolan usaha,
3) fokus mengembangkan usaha,
4) terus melakukan perubahan untuk memodernisasi manajemen serta memanfaatkan informasi teknologi dan
5) memperkuat jaringan bisnis dan selalu berorientasi pada pasar untuk membangun loyalitas konsumen. Harapan pada pemerintah, untuk segera melakukan koreksi atas perundangan dan kebijakan yang menghambat serta diskriminatif pada pelaku usaha.

Komunita : Saran bapak kepada pihak pemerintah dalam memberikan stimulus dan program inkubator bisnisnya guna peningkatan kualitas dan kuantitas wirausaha (entrepreneur) di Indonesia ?

Yepi : Keberadaan Inkubator Bisnis diduga dapat mendorong lahirnya wirausaha baru yang tangguh dan menjadi salah satu instrumen yang efektif dalam pengembangan UMKM. Inkubator bisnis berwujud dukungan bisnis untuk mempercepat kesuksesan pengembangan startup serta perusahaan pemula dengan cara menyediakan berbagai sumber daya serta layanan yang dibutuhkan kepada para pengusaha. Layanan yang ditawarkan ini umumnya dikembangkan atau diatur oleh manajemen inkubator serta ditawarkan baik dalam inkubator bisnis itu sendiri dan melalui jaringan milik inkubator bisnis.

Pemerintah harus mampu memberikan fasilitasi program inkubator bisnis melalui in wall strategy, karena model ini dapat memberikan fasilitasi menyeluruh kepada calon wirausaha pemula untuk belajar ketrampilan bisnis, mendirikan perusahaan, mempunyai fasilitas kantor dan unit produksi bersama, mendapatkan mentoring secara rutin, serta fasilitas lainya secara penuh, sampai mereka menjadi wirausaha yang telah mampu mandiri. (By : Keni Kaniawati – 08 Maret 2019)