Millennial Hydro Group Urban Farming seorang Bayu

0
837 views

  

Tenant

Business Incubator/WiBI

Keni Kaniawati

Millennial Hydro Group

Urban Farming seorang Bayu

  Menjadi seorang pengusaha sukses di usia muda tentu tidak bisa dialami oleh semua orang dan instan. Untuk mewujudkan hal tersebut, akan membutuhkan banyak usaha dan juga kerja keras, sebab kesuksesan tidak akan didapatkan dengan mudah, apalagi di usia yang masih muda. Namun berbagai macam usaha dan juga kesempatan yang coba diciptakan oleh beberapa orang anak muda, mampu membawa mereka menjadi pengusaha sukses di usia muda. Beragam prestasi di luar kuliah atau sekolah bisa mereka dapatkan, yakni dengan membuka usaha.

  Memiliki prinsip hidup “Keberhasilan itu berada di puncak segunung kegagalan, maka jika ingin sukses carilah kegagalan sebanyak–banyaknya agar mencapai titik keberhasilan yaitu puncak segunung kegagalan”, itulah pria muda kelahiran Bandung yang memiliki nama lengkap Gumelar Bayu Fadillah.

Gumelar Bayu Fadillah S.M.

Sejak masa kuliah di Universitas Widyatama, Bayu menekuni bisnis dengan beragam usaha. Untuk meningkatkan skillnya Bayu mengikuti beberapa pelatihan, dan workshop Kewirausahaan. Salah satunya workshop yang diselenggarakan atas kerjasama Dispora Jabar dengan Universitas Widyatama Angkatan ke VIII. Penyelenggaraan workshop tersebut merupakan salah satu dimensi penting dalam membentuk jiwa pemuda Indonesia yang perlu dikembangkan untuk mendorong kemandirian pemuda di bidang ekonomi. Mengapa demikian, mengingat tingkat pengangguran di Indonesia saat ini masih cukup tinggi, utamanya lulusan perguruan tinggi. Namun yang terpenting dari wirausaha ini yakni harus dapat menentukan segmentasi dan terus introspeksi.

Untuk meraih kesuksesan, Bayu selalu kerja keras dan tekad yang kuat. Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan dalam waktu sekejap. Mencoba dan berusaha melakukan yang terbaik adalah salah satu jalan menuju kesuksesan di usia muda. Dengan usianya yang relatif muda yaitu 21 tahun, namun pengalaman bisnis dan organisasinya sudah cukup matang. Terbukti Kang Bayu sapaan yang cukup dikenal di kalangan mahasiswa Universitas Widyatama. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum HIPMI PT Universitas Widyatama 2020-2021 serta pernah sebagai staff Pemerintah Mahasiswa Universitas Widyatama, dan juga sebagai Ketua Angkatan 2017 Universitas Widyatama.

Bayu, Ketua WIBI Keni Kaniawati SE.M.Si dan Manager WIBI Lutfhi Firman Firdaus S.M.

Selain itu ia aktif di organisasi luar kampus sebagai Komisi Lingkungan Hidup KNPI Kota Bandung tahun 2018-2021 dan juga sebagai Wakil Ketua Karang Taruna Kelurahan Pasirwangi.

Selama menjadi Tenant Widyatama Business Incubator/WiBI, Bayu merasakan manfaatnya dimana ia menjadi lebih fokus pada usahanya, lebih memunculkan ide kreatif dan inovasinya. Sehingga dia berharap usahanya bisa tembus ke pasar nasional maupun internasional. Dalam menjalankan usahanya, kini Bayu sebagai Owner Springrolls Bandung, Owner Kedai Moozu Bandung, Founder Lembur Sayur. Bayu dan rekan mitra bisnisnya mendirikan beberapa bidang bisnis salah satunya adalah Millennial Hydro Group/MHG yang bergerak di bidang Agrobisnis yaitu hidroponik. MHG menawarkan beberapa produk yaitu: sayuran hidroponik, instalasi hidroponik, pendampingan, pelatihan hidroponik, dan juga Minuman Healthy.

Millenniall Hydro Group ini lahir akibat keresahan seorang Bayu memperhatikan di lingkungan sekitarnya semakin banyak lahan kosong, lahan semakin sempit untuk pertanian, khususnya di Kota Bandung. Itulah awal mula terbentuknya MHG. Guna menjawab keresahan pribadinya ia membuat Urban Farming di pekarangan rumah dengan metode hidroponik berbasis rumahan. Millenniall Hydro Group beralamat di Komp. Pemda Cingised Jl, Paripurna Blok D No 76 RT 04 RW 06 Kelurahan Cisaranten Indah Kecamatan Arcamanik Bandung 40293. MHG memiliki visi membuat perkotaan yang kaya akan sayuran.

Masa pandemi Covid-19, Bayu merasakan dampaknya. Akan tetapi dengan ide cemerlangnya untuk keluar dari kesulitan tersebut, Bayu mengajak seluruh pegiat UMKM untuk tetap Struggle menghadapi tantangan di masa Pandemi. Ia mengembangkan sistem berkolaborasi agar bisa bertahan dalam masa pandemi ini. Melaui upaya berkolaborasi hal yang dianggap tantangan akan berubah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bagi yang ingin kolaborasi dengan Millenial Hydro Group dapat follow instragramnya millennialhydrogroup.id dan IG @wibiutama 204A dan bisa menyaksikan chanel youtube nya dengan link https://youtu.be/axHjeX4AvDY.