Manajemen Restribusi Dan Rute Pengangkutan Sampah Di Kota Bandung

0
1,061 views

.

Judul       : Manajemen Restribusi Dan Rute Pengangkutan

                        Sampah Di Kota Bandung

Penulis    : Keni Kaniawati SE. M.Si

                Prof Dr.Ir.H. Eddy Jusuf Sp.M.Kom, M.Si

                Dr.Ir. Yogi Yogaswara M.T

Penerbit      : REFIKA

Tahun Terbit  : 2021

ISBN       : 978-623-7060-84-0

.

.

.

Ditilik secara harfiah, sampah adalah sesuatu yang tidak berguna lagi atau dibuang oleh pemilik atau pemakainya semula. Sumbernya bisa dari berbagai aktivitas manusia, mulai dari aktivitas pemukinan, pertanian, pembangunan gedung, perdagangan, perkantoran dan industri.

Manajemen sampah sudah menjadi isu yang mengiringi geliat dan derap langkah keberaadaan kota-kota besar di dunia, termasuk Kota Bandung yang sudah masuk katagori metropolitan. Bahkan Bandung sempat mengalamai perististiwa “Bandung Lautan Sampah” akibat tragedi longsor sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) dipinggiran Kota Bandung waktu itu.

Warga Kota Bandung tidak akan pernah melupakan peristiwa 16 tahun lalu atau tepatnya Senin, 21 Februari 2005, dimana terjadinya longsor puluhan ton sampah yang menimpa pemukiman kumuh di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah yang telah merengut 147 nyawa manusia. Terlepas dari peristiwa yang memprihatinkan tersebut, momentum ini juga merupakan titik penyadaran pemerintah dan warga Bandung mengenai karut marutnya pengeolaan sampah dikawasan metropolitan tersebut.

Sejak saat itu dilakukan pembenahan menyangkut manajemen pengelolaan sampah, antara lain dari aspek kontribusi serta rute pengangkutan yang merupakan unsur urgen dalam manajemen pengelolaan sampah secara keseluruhan.

Namun seiring dinamika perkembangan dan pertumbuhan kota besar, setiap waktu manajemen pengelolaan tentu saja harus disempurnakan. Hal ini seiring pula dengan pertambahan penduduk dari tahun ke tahun yang meniscayakan pertambahan volume sampah yang dihasilkan.

Sebuah buku yang mengulas secara mendalam ihwal pengelolaan sampah, klasifikasi serta kebijakan yang mengiringi diterbitkan oleh Refika Aditama Bandung. Buku ini ditulis bersama: Keni Kaniawati SE.M.Si. (Dosen Tetap Universitas Widyatama), Prof.Dr.Ir.H. Eddy Jusuf Sp.,M.Kom.M.Si. (Guru Besar Tehnik Industri Universitas Pasundan), Dr.Ir. Yogi Yogaswara M.T. (Dosen Tetap Universitas Pasundan) dengan tajuk ”Manajemen Retribusi dan Rute Pengangkutan Sampah di kota Bandung. Buku ini juga diberi kata sambutan oleh Wakil Wali Kota Bandung, H. Yana Mulyana SE.M.M.  

Buku ini disusun dengan tujuan untuk dapat memberikan manfaat khususnya kepada pemerintah daerah dalam membantu menuntaskan permasalahan pengelolaan retribusi dan sistem pengangkutan sampah di kota masing-masing. Buku juga dilengkapi berbagai contoh implementasi dari proses dan metode pengelolaan hingga sistem pengangkutan sampah.

Konten buku ini merupakan wujud implementasi hasil penelitian para penulis, dimana pengelolaan sampah di kota Bandung masih mengalami permasalahan terkait dengan sarana dan prasarana yang masih minim, pembiayaan yang belum memadai, kemapuan operasional pelayanan masih rendah, kemampuan dan kualitas SDM juga masih rendah serta minimnya peran serta mayarakat, penerapan Perda K3 masih belum optimal dan belum tersedianya tempat pemprosesan akhir sampah yang memadai.

Bagaimanapun, manajemen pengakutan sampah masih banyak mengalami permasalahan. Sebagai contoh yang dapat kita perhatikan adalah pengangkutan sampah yang melewati beberapa ruas jalan protokol pada jam sibuk yang berakibat timbulnya kemacetan lalu lintas dan tingkat penggunaan angkutan sampah pun tidak optimal. Belum lagi jumlah armada pengangkutan yang ada. Hal ini tentu membutuhkan intervensi instrumen yang empirik sebagai bagian dari riset manajemen dan teknologi. Inilah yang menjadi aspek penting dalam pembahasan buku ini.

Semua aspek dalam pengelolaan sampah juga harus disesuaikan dengan prinsip-prinsip terbaik untuk kesehatan, ekonomi, teknolog/engenering, estetika, lingkungan, dan juga terhadap sikap masyarakat. Dalam menentukan strategi manajemen pengelolaan sampah juga diperlukan informasi mengenai timbulan sampah, komposisi, karateristik dan laju penimbunan sampah. Faktor-faktor ini menjadi bagian yang ikut dalam kuantifikasi dan tabulasi sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan dan manajemen.

Gambaran tentang problematik pengelolaan sampah kota Bandung dalam buku ini tentunya layak menjadi rujukan bagi para peneliti/dosen, mahasiswa S1/S2 maupun S3 demi peningkatan pengelolaan sampah yang semakin baik di kota Kembang ini.

(Keni Kaniawati & Erwin Kustiman)

.

.