Wirausaha Vs Bekerja

0
459 views
Wirausaha Vs Bekerja

Wirausaha Vs BekerjaSetelah lulus kuliah mendingan bekerja atau berwirausaha? Itu yang sering menjadi pertanyaan setelah kita lulus kuliah. Akhirnya sering bertanya-tanya mencari masukan. Menurut yang sudah bekerja mendingan kerja karena sudah pasti mendapatkan penghasilan tiap bulan, tidak perlu memikirkan gaji karyawan, pekerjaan yang dilakukan sudah pasti, dan hal lainnya yang dikatakan oleh pekerja. Berbeda jika bertanya kepada wiraswasta menurut mereka mendingan usaha karena tidak terikat waktu, penghasilan yang di dapat sesuai keinginan sendiri, tidak punya atasan yang mengawasi dan hal lainnya yang dikatakan oleh seorang pengusaha.

Akhirnya apa yang harus dilakukan ketika seseorang setelah menyelesaikan pendidikannya. Pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa kekurangan dan kelebihan dari diri kita sendiri. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan maka kita dapat menentukan arah kemana selanjutnya setelah lulus kuliah. Kedua, ketahui passion apa yang ada dalam diri kita. Berwirausaha atau bekerja keduanya tidak ada yang salah. Setelah mengetahui passion diri sendiri maka memutuskan akan dibawa kemana setelah lulus ak an lebih jelas. Ketiga, jadilah diri sendiri. Jangan mengikuti apa yang orang lain lakukan. karena belum tentu apa yang dilakukan orang lain akan cocok dan sesuai dengan diri sendiri. Hanya diri kita sendiri yang mengetahui apa yang terbaik buat sendiri.

Dari ketiga hal di atas yang paling penting adalah pola pikir atau mind set kita yang harus diubah terlebih dahulu. Zaman sekarang sudah banyak berubah baik teknologi, peraturan pemerintah maupun kondisi masyarakat. Pola pikir kuno masih berpikiran bekerja saja karena hampir tidak ada resiko untuk menanggung kerugian, atau menjadi pengusaha saja karena saya adalah bossnya. Pemikiran seperti itu tentu sangat menggangggu proses berkembangnya seseorang. Saat ini banyak sekali karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan tapi mempunyai usaha juga. Usaha dapat dilakukan secara online, yang tidak memerlukan kita harus menjaga toko. Ada juga yang mempunyai usaha tetapi tetap bekerja.

Mari kita sesuaikan dengan kondisi saat ini, tidak ada yang salah dengan bekerja atau berwirausaha. Yang pasti lakukan sesuai dengan kemampuan sendiri dan lakukanlah secara bahagia maka rejeki pun akan mengkutinya. (Pipin Sukandi)